Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara informasi stunting pada akun instagram @1000_hari dengan sikap followers terhadap pencegahan stunting. Teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini adalah Teori Integrasi Informasi (Integration Information Theory). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket atau kuisioner. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 97 responden yang merupakan followers akun instagram @1000_hari. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara informasi stunting pada akun instagram @1000_hari dengan sikap followers terhadap pencegahan stunting.

Keywords

Informasi, Stunting, Teori Integrasi Informasi, Instagram, Sikap

Article Details

How to Cite
astuti, widiawati sri astuti. (2020). Hubungan Antara Informasi Stunting Pada Akun Instagram @1000_Hari Dengan Sikap Followers Terhadap Pencegahan Stunting. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 1(2), 157-164. https://doi.org/10.35905/almaarief.v1i2.1119

References

  1. Referensi
  2. Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta
  3. Bungin, B. (2009). Metodologi Penelitian kuantitatif. Jakarta : Kencana
  4. Littlejohn, Foss, Karen. (2014). Teori Komunikasi Jakarta : Salemba Humanika
  5. Riduwan & Akdon. (2007). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika, Bandung: Alfabeta
  6. Riduwan & Engkos Kuncoro.(2012). Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur, Bandung : Alfabeta
  7. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian R & D. Bandung: Alfabeta
  8. Jurnal :
  9. Fishbein, M (1963). An Investigation of the Relationships between Beliefs about an Object and the Attitude toward that Object, (Vol.16), 233. DOI: 10.1177/001872676301600302
  10. Fuady, I. (2012). Perilaku Komunikasi Petani dalam pencarian Informasi Pertanian Organik (Kasus Petani bawang merah Di Desa Srigading Kabupaten Bantul). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 10(2), 10–18. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.10.2.
  11. Metzger, M., J., & Flanagin, A., (2013). Credibility and trust of information in online environments: The use of cognitive heuristics. Science Direct, (Vol.59), 210-220. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2013.07.012
  12. Metzger, M.J., Flanagin, A.J., Medders, R.. (2010). Social and heuristic approaches to credibility evaluation online. J. Commun. 60 (3), 413—439
  13. Rosini., & Nurningsih, S. (2018). Pemanfaatan media sosial untuk pencarian dan komunikasi informasi kesehatan. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 14(2), 226-237. DOI: 10.22146/bip.33844
  14. Sumber Lain :
  15. Kementerian Kesehatan RI. 2009. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Dari: : http://farmalkes.kemkes.go.id/2009/02/undang-undang-nomor-36-tahun-2009-tentang-kesehatan/ diakses pada 22 Juli 2019
  16. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018 .Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan : Situasi Balita Pendek (Stunting) di Indonesia. Dari :
  17. www.depkes.go.id/download.php?file=download/...Stunting...pdf diakses pada 15 mei 2019
  18. Kementerian Kesehatan RI. 2019. Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi.
  19. Dari:http://www.depkes.go.id/article/print/19012800003/membangun-gizi-menuju-bangsa-sehat-berprestasi.html diakses pada 22 Juli 2019
  20. Manafe, Dina. 2018. Kemkes: Kesadaran Gizi Rendah Penyebab Stunting. Dari :
  21. https://www.beritasatu.com/nasional/475129/kemkes-kesadaran-gizi-rendah-penyebab- stunting diakses pada 22 Juli 2019

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'