Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mengetahui dampak keharmonisan keluarga terhadap presatsi belajar siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SDN 113 Pana. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang dimaksudkan untuk menemukan, mengembangkan dan mengkaji kebenaran. Subjek penelitian ini adalah siswa, Guru dan Orangtua murid di SDN 113 Pana. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dampak keharmnosian keluarga terhadap prestasi belajar. Artinya, semakin tinggi keharmonisan keluarga, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Dalam penelitian, ini juga dapat dilihat faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor Internal (itelegensi, perhatian, sikap, motivasi, kesiapan dan minat) dan faktor ekternal (keluarga, dan sekolah).

Keywords

Keywords

Article Details

How to Cite
irmansyarif, irman. (2020). Dampak Keharmonisan Keluarga dan Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 113 Pana . AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 2(1), 191-199. https://doi.org/10.35905/almaarief.v2i1.1540

References

  1. Syahrul, S. (2020). Menanamkan Kemuhammadiyaan Pada Mahasiswa Non-Muslim Melalui Pendidikan Multikultural di Universitas Muhammadiyah Kupang. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i2.643
  2. Syahrul, S., & Datuk, A. (2018). Perilaku Sosial Anak Penjual Koran di Kota Kupang Dalam Mempertahankan Eksistensinya di Sekolah. DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 7(2), 68–82. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/article/view/32651

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'