ABOUT THE AL-ISHLAH

AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam merupakanjurnal dengan ISSN cetak 1693-7449 telah konsisten terbit secara berkala dalam dua kali setahun. Jurnal AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare sebagai sarana untuk meningkatkan profesionalisme dosen, guru, tenaga pendidik dan kependidikan dalam rangka penyebarluasan ilmu pengetahuan.

 

EDITORIAL TEAM

Dewan redaksi

EDITOR IN CHIEF

  • Abd. Khalik

MANAGING EDITOR

  • Herdah

EDITOR

Buhaerah

Sri Mulianah

Mujahidah

Ali Rahman 

 

REVIEWER

Miftahul Ulum, IAIN Ponorogo

Nurhamim, UIN Sultan Maulana Hasanuddin

Menul Teguh Rianti, Universitas Trisakti Jakarta

Anwar Sewang, IAIN Parepare

Firman Makmur, IAIN Parepare

 

LAYOUT

  • Fauziah Zahrawati

 

ALAMAT SURAT MENYURAT

AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam

Alamat: Jl. Amal Bakti No. 8 Soreang Kota Parepare

Telp. (0421) 21307

Fax. (0421) 24404 

Email: [email protected]iainpare.ac.id

Website: http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/

 

KONTAK UTAMA

Ali Rahman

Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare

Alamat Redaksi: Jalan Amal Bhakti No. 8 Soreang Parepare

Email: [email protected]

Telepon: 081241111737

 

PLAGIARISM

Jurnal AL-ISHLAH: Jurnal Studi Pendidikan menggunakan  http://www.turnitin.com/ untuk memeriksa keaslian artikel sebelum dipublikasi.

 

WRITING GUIDELINES

Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal akademik yang diterbitkan dua kali dalam setahun (enam bulanan) oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. Jurnal ini menekankan pada wacana pendidikan Islam, hasil penelitian dan masalah-masalah aktual dan kontemporer yang berkaitan dengan studi pendidikan. Jurnal ini secara terbuka menerima kontribusi para ahli dari disiplin ilmu terkait.

Artikel yang dikirimkan untuk diterbitkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Naskah asli dan belum pernah dipublikasikan.
  2. Naskah diutamakan dari hasil penelitian empiris.
  3. Substansi tulisan berkaitan dengan isu-isu pendidikan, memiliki contribution of knowledgeyang jelas, dan mengacu pada referensi mutakhir minimal terbitan 10 tahun terakhir.
  4. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris atau bahasa Arab desertai Abstrak Indonesia dan Inggris atau Arab.
  5. Artikel diketik 24 ptdan panjang tulisan berkisar 5.000-6.000 kata atau 15-25 halaman kuarto dan untuk review buku panjang tulisan berkisar 4.000 atau 10 halaman kuarto.
  6. Organisasi penulisan meliputi: 1) judul, 2) nama penulis (tanpa gelar), 3) instansi penulis, 4) abstrak tidak lebih dari 150 kata dengan font 10 dan ditulis dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, 5) keywords, 6) pengantar (pendahuluan), 7) pembahasan, 8) penutup, dan 9) daftar pustaka. Untuk artikel publikasi ilmiah (hasil penelitian), nomor (1) hingga (5) sama dengan di atas, nomor 6) pendahuluan yang membahas latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan kontribusi, 7) pembahasan dan temuan-temuan, 8) penutup, dan 9) daftar pustaka.
  7. Nama lengkap penulis harus dicantumkan bersama dengan asal perguruan tinggi atau lembaga profesional, alamat lengkap, dan alamat e-mail yang dapat dihubungi.
  8. Kutipan seluruh biografi ditulis dengan model footnote, dengan urutan:

1Kunandar, Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (Cet 1; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2007), h. 23.

  1. Sertakan daftar pustaka pada akhir artikel anda, mengikuti contoh sebagai berikut:

Contoh referensi dari buku:

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Cet 1; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Contoh referensi dari artikel:

Sila, Muhammad Adlin. 2001. "The Festivity of Maulid Nabi in Cikoang, South Sulawesi: Between Remembering and Exaggerating the Spirit of Prophet" Studia Islamika 8, no. 3.

Contoh referensi dari internet:

Volm Jochen. 2001. Impact of Norms and Values on Non-verbal Communication in International Bussinesshttp://www.grin.com/e-book/6756/impact-of-norms-andvalues-onnon-verbalcommunication-in-international. (Diakses pada 19 Maret 2015)

  1. Urutan daftar pustaka ditulisan secara alfabetis.
  2. Kirimkan artikel anda dalam bentuk soft copy(CD atau attached filedalam e-mail yang terformat MS Word (RTF), font Times New Roman, karakter 12.

 

MANUSCRIPT TEMPLATE

AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam

Volume 17, No. 1, Juli 2019

                          ISSN: 1693-7449 (print)

                          ISSN: - (online)

Judul Naskah Publikasi Maksimum 12 Kata dlm bhs.Ind

(Center, Times New Roman 12pt, maks 12 kata Bhs. Ind. or 10 words in English - Arabic  

First Author*1, Second Author2, Third Author3

1,Institution/affiliation, 2Institution/affiliation, 3Institution/affiliation

e-mail: *1[email protected], 2[email protected], 3[email protected] 

Abstrak

Abstrak Maksimal 200 kata berbahasa Indonesia dicetak miring dengan Times New Roman 11 point, Satu spasi. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat. 

Kata kunci 3-5 kata kunci

Abstract

 A maximum 200 word abstract in English in italics with Times New Roman 11 point. Abstract should be clear, descriptive, and should provide a brief overview of the problem studied. Abstract topics include reasons for the selection or the importance of research topics, research methods and a summary of the results. Abstract should end with a comment about the importance of the results or conclusions brief.

Keywords 3-5 keywords

PENDAHULUAN (Times New Roman 12pt, ditebalkan)

           Pendahuluan ditulis huruf besar, jarak 1.5 spasi. Pendahuluan hendaknya mengandung latar belakang masalah; hipotesis (bila ada), tujuan dan metode penelitian; umumnya artikel tidak terlalu ekstensif, sekitar 2 halaman 1 spasi; pendahuluan mengacu pada beberapa pustaka yang menjadi landasan teori atau alasan penelitian dan harus mengungkapkan kebaruan yang menjadi focus utama penelitian. (Times New Roman 12, 1,5 spasi)

PEMBAHASAN (Times New Roman 12pt, ditebalkan)

           Pembahasan ditulis huruf  besar pada awalanya, jarak 1 spasi dan ditebalkan. Sajian dalam hasil dan pembahasan ditulis secara bersistem, hanya hasil data/informasi yang terkait dengan tujuan penelitian; sederhanakan tabel dan menggunakan tabel terbuka, dan gambar peta lebih difokuskan pada objek yang diteliti serta jangan terlalu besar ukuran filenya serta rumit (diupayakan dalam format JPG); tabel dan gambar diberi nomor urut. Contoh penulisan tabel: Tabel 3.

           Penggunaan sub judul dalam pembahasan sesuai dengan keperluan pembahasan. Contoh:

Bab  (Times New Roman 12pt, ditebalkan)

Sub  Bab 1 (Times New Roman 12 pt, ditebalkan - miring)

           Teknik pengutipan sumber rujukan menggunakan kutipan model footnote, dengan urutan:

1Kunandar, Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (Cet 1; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2007), h. 23.

SIMPULAN (Times New Roman 12, ditebalkan)

           Simpulan hendaknya merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, dan diungkapkan bukan dalam kalimat stastistik. 

DAFTAR PUSTAKA  (Times New Roman 12pt, ditebalkan)

Sertakan daftar pustaka pada akhir artikel anda, mengikuti contoh sebagai berikut:

Contoh referensi dari buku:

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Cet 1; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Contoh referensi dari artikel:

Sila, Muhammad Adlin. 2001. “The Festivity of Maulid Nabi in Cikoang, South Sulawesi: Between Remembering and Exaggerating the Spirit of Prophet” Studia Islamika 8, no. 3.

Contoh referensi dari internet:

Volm Jochen. 2001. Impact of Norms and Values on Non-verbal Communication in International Bussinesshttp://www.grin.com/e-book/6756/impact-of-norms-andvalues-onnon-verbalcommunication-in-international. (Diakses pada 19 Maret 2015)

 

PUBLICATION ETHICS

Pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan pengarang/penulis terikat dengan etika publikasi atau kode etik ilmiah. Pernyataan kode etika publikasi ilmiah berdasarkan pada Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah, yang pada intinya Kode Etika Publikasi Ilmiah ini intinya menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu:

(i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi;

(ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan

(iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan pengarang/penulis,
  2. Mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan,
  3. Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan,
  4. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,
  5. Memelihara integritas rekam jejak akademik pengarang,
  6. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan,
  7. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab pengarang/penulis,
  8. Secara aktif meminta pendapat pengarang, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,
  9. Mendorong dilakukannya penilaian terhadap jurnal apabila ada temuan,
  10. Mendukung inisiatif untuk mengurangi kesalahan penelitian dan publikasi dengan meminta pengarang melampirkan formulir Klirens Etik yang sudah disetujui oleh Komisi Klirens Etik,
  11. Mendukung inisiatif untuk mendidik peneliti tentang etika publikasi,
  12. Mengkaji efek kebijakan terbitan terhadap sikap pengarang/penulis dan mitra bestari serta memperbaikinya untuk meningkatkan tanggung jawab dan memperkecil kesalahan,
  13. Memiliki pikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi,
  14. Tidak mempertahankan pendapat sendiri, pengarang atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif,
  15. Mendorong pengarang/penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bestari

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Penelaah tidak boleh melakukan telaah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak 
  3. Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi
  4. Mendorong pengarang/penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis
  5. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  6. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.).

Tugas dan Tanggung Jawab Pengarang/Penulis

Tanggung jawab Penulis

Standar Pelaporan:

Penulis laporan artikel harus menyajikan laporan secara akurat dari pekerjaan yang telah dilakukan serta membahas mengenai tujuan dari signifikansi penelitian. Data yang mendasari harus diterangkan secara akurat pada naskah laporan penelitian. Laporan penelitian harus memuat detil dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain untuk meniru pekerjaan. Laporan yang berisikan kecurangan atau kesengajaan mengenai data yang tidak akurat merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses Data dan Retensi:

Apabila diperlukan penulis diminta untuk memberikan data mentah yang berhubungan dengan keperluan editorial. Penulis harus siap untuk menyediakan data tersebut dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Orisinalitas dan Plagiasi:

Para penulis harus memastikan bahwa karya yang ditulis sepenuhnya asli dan apabila penulis menggunakan pekerjaan dan atau kalimat dari orang lain maka harus menggunakan sitasi atau dikutip dengan benar.

Penerbitan ganda atau kesamaan konten:

Seorang penulis tidak seharusnya mempublikasikan naskah yang menggambarkan intisari penelitian yang sama pada lebih dari satu jurnal atau penerbit. Mengirimkan naskah yang sama kepada lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber:

Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi atau ide yang berpengaruh dalam menentukan hakikat dari pekerjaan yang dilaporkan.

Penyusun Laporan:

Nama penulis yang dicantumkan harus dibatasi kepada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsep, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah berkontribusi secara signifikan harus terdaftar sebagai co-author. Pihak yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis utama harus memastikan bahwa co-author yang namanya tercantum dalam laporan adalah yang benar-benar layak untuk dicantumkan, dan bahwa semua co-author telah melihat dan menyetujui versi final laporan dan telah sepakat untuk mempublikasikan laporan tersebut.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah laporan mengenai setiap konflik keuangan atau konflik substantif kepentingan yang mungkin diperkirakan dapat mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah laporan.

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan:

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya yang diterbitkan, penulis berkewajiban untuk segera memberitahukan kepada editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki karya tersebut.

 

FOCUS AND SCOPE

Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam  adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare fokus pada kajian tentang pemikiran, penelitian, manajemen, pengembangan, dan evaluasi pendidikan.

 

SUBMISSIONS

ONLINE SUBMISSION

To submit articles in Jurnal Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, you must:

Register as the author

Log in using your username and password

> In your user home, click New Submission at the top right corner

> Submit your articles through the submission steps

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.

Author Guidelines

Redaksi menerima kiriman artikel dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Naskah asli dan belum pernah dipublikasikan.
  2. Naskah diutamakan dari hasil penelitian empiris.
  3. Substansi tulisan berkaitan dengan isu-isu pendidikan, memiliki contribution of knowledgeyang jelas, dan mengacu pada referensi mutakhir minimal terbitan 10 tahun terakhir.
  4. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris atau bahasa Arab desertai Abstrak Indonesia dan Inggris atau Arab.
  5. Artikel diketik 24 ptdan panjang tulisan berkisar 5.000-6.000 kata atau 15-25 halaman kuarto dan untuk review buku panjang tulisan berkisar 4.000 atau 10 halaman kuarto.
  6. Organisasi penulisan meliputi: 1) judul, 2) nama penulis (tanpa gelar), 3) instansi penulis, 4) abstrak tidak lebih dari 150 kata dengan font 10 dan ditulis dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, 5) keywords, 6) pengantar (pendahuluan), 7) pembahasan, 8) penutup, dan 9) daftar pustaka. Untuk artikel publikasi ilmiah (hasil penelitian), nomor (1) hingga (5) sama dengan di atas, nomor 6) pendahuluan yang membahas latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan kontribusi, 7) pembahasan dan temuan-temuan, 8) penutup, dan 9) daftar pustaka.
  7. Nama lengkap penulis harus dicantumkan bersama dengan asal perguruan tinggi atau lembaga profesional, alamat lengkap, dan alamat e-mail yang dapat dihubungi.
  8. Kutipan seluruh biografi ditulis dengan model footnote, dengan urutan:

1Kunandar, Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (Cet 1; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2007), h. 23.

  1. Sertakan daftar pustaka pada akhir artikel anda, mengikuti contoh sebagai berikut:

Contoh referensi dari buku:

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Cet 1; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Contoh referensi dari artikel:

Sila, Muhammad Adlin. 2001. "The Festivity of Maulid Nabi in Cikoang, South Sulawesi: Between Remembering and Exaggerating the Spirit of Prophet" Studia Islamika 8, no. 3.

Contoh referensi dari internet:

Volm Jochen. 2001. Impact of Norms and Values on Non-verbal Communication in International Bussinesshttp://www.grin.com/e-book/6756/impact-of-norms-andvalues-onnon-verbalcommunication-in-international. (Diakses pada 19 Maret 2015)

  1. Urutan daftar pustaka ditulisan secara alfabetis.
  2. Kirimkan artikel anda dalam bentuk soft copy(CD atau attached filedalam e-mail yang terformat MS Word (RTF), font Times New Roman, karakter 12.

Copyright Notice

Copyright without Restrictions

The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.

The submitted papers are assumed to contain no proprietary material unprotected by patent or patent application; responsibility for technical content and for protection of proprietary material rests solely with the author(s) and their organizations and is not the responsibility of the Kuriositas or its Editorial Staff. The main (first/corresponding) author is responsible for ensuring that the article has been seen and approved by all the other authors. It is the responsibility of the author to obtain all necessary copyright release permissions for the use of any copyrighted materials in the manuscript prior to the submission.

 

PRIVACY STATEMENT

SURAT PERNYATAAN PENULIS

Kepada Yth.:

Dewan Redaksi

Penerbit AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam

Jl. Amal Bakti no. 8 Parepare Tel/Fax. (0421)21307 / (0421)24403,  

Website OJS: http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah

Email: [email protected]

 

SURAT PERNYATAAN

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           :

NIP                              :

Instansi                         :

Alamat Kantor               :

No. Telp                       :

Alamat Rumah              :

No. Telp                       :

Bersama ini saya sampaikan 1 (satu) set artikel penelitian dengan judul: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....

Perlu diketahui bahwa naskah artikel:

  1. Bukan merupakan hasil plagiat dan tidak mengandung unsur plagiat
  2. Tidak sedang diproses untuk diterbitkan dalam bentuk apapun
  3. Tidak sedang dikirimkan ke berkala lain untuk dipertimbangkan pemuatannya
  4. Semua nama yang tercantum dalam baris kepemilikan memang berhak menjadi pengarang dan sudah menyetujui bentuk akhir naskah yang diajukan
  5. Bersedia menanggung resiko terhadap keakuratan data dan tidak akan meminta pertanggungjawaban kepada redaksi terhadap kesalahan data yang diberikan.

 

Besar harapan kami agar artikel penelitian ini dapat dimuat di Jurnal Al-Ishlah Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare edisi mendatang.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh Dewan Redaksi Jurnal Al-Ishlah: Jurnal Studi Pendidikan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare apabila di kemudian hari terbukti pernyataan saya tidak benar.

 

…………….., ..........................

 

 

 

 

                                                                                                (______________________________)