Main Article Content

Abstract

Dalam konteks interaksi proses pembelajaran, peserta didik mengalami kecenderungan kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini mengungkapkan upaya meningkatkan minat belajar peserta didik, dan aktivitas belajar peserta didik, kemampuan guru dalam memberikan motivasi belajar dan juga respon belajar peserta didik melalui pelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, mengetahui aktivitas belajar peserta didik, kemampuan guru dalam memberikan minat belajar, dan juga mengetahui respon belajar peserta didik melalui pembelajaran di kelas. Berbagai strategi yang dapat diterapkan oleh guru melalui pembelajaran di kelas sehingga peserta didik berminat untuk belajar. Namun demikian, guru dituntut memiliki kreativitas dan inovasi dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan efektif.

Keywords

guru strategi minat belajar

Article Details

How to Cite
Trismayanti, S. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar . AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 141-158. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045

References

  1. Amaluddin, S. W. H. D., & Nasir, S. (2018). Character Education Early Childhood: Brain-Based Teaching Approach. International Journal of Pure and Applied Mathematics, 119(18), 1229-1245.
  2. Aris Suherman dan Ondi Saondi (2010) Etika Profesi Keguruan Bandung: PT Refika Aditama
  3. Aritonang, K. T. (2008). Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  4. Darwan, & Sri Maria Ulfa, M. (2012). Perbedaan Minat Belajar Peserta didik Antara Yang Menggunakan Alat Peraga Dengan Yang Tidak Menggunakan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di MTS Al Washliyah Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Eduma, 1(1), 77–89.
  5. Das, S. W. H., Halik, A., Nasir, M., & Suredah, S. (2017). PENCAPAIAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI MELALUI LESSON STUDYDI KOTA PAREPARE. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL.
  6. Farida Hanum dan Sisca Rahmadona. (2009). Implementasi Model Pembelajaran Multikultural di Sekolah Dasar di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Artikel Multikultural-Stranas, (2), 1–17.
  7. Hadi, Sutrisno. 1990. Metodologi Research. Yogyakarta: Fak Psikologi UGM.
  8. Halik, A., Zulfianah, Z., & Naim, M. (2018). Strategies of Islamic Education Teachers to Increase Students’ Interest In Learning and Practicing in State Junior High School Lanrisang (SMPN) 1 Lanrisang, Pinrang. MADANIA: JURNAL KAJIAN KEISLAMAN, 22(2), 253-264.
  9. Halik, A., Suredah, M., & Ahdar, M. (2018, July). The Influence of Emotional and Spiritual Intelligence of Educator towards Learning Quality Improvement. In 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018). Atlantis Press.
  10. Halik, A. (2016). MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU SEKOLAH: IMPLEMENTASI PADA SMA NEGERI DI PAREPARE. Prosiding, 2(1).
  11. Hamdu, G., & Agustina, L. (2011b). Pengaruh Motivasi Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi Belajar Ipa Disekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Peserta didik Kelas IV SDN Tarumanegara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-86.
  12. Hanafie, S. W., Dangnga, M. S., Halik, A., & Rahmah, J. (2019). Problems of Educators and Students in Learning Islamic Religious Education at MTs Pondok Darren Modern Darul Falah, Enrekang District. Al-Ulum, 19(2), 360-386.
  13. Hayatus, Rosita, Herman, Rahmatina, Sastri, S. (2014). Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar Negri 01 Guguk Malintang Kota Padangpanjang. Jurnal Kesehatan Andalas, 3(3), 462–467.
  14. Hilgard. 1977. Motivation: Theory and Research.Belmong, California: Wads Publishing Company.
  15. Ibrahim, Abdul Syukur. 2009. Metode Analisis Teks dan Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  16. Kusdiana, A. (2010). Pembelajaran apresiasi sastra cerita terpadu model connected untuk meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 81–82.
  17. L. S. S., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M. P.., & Prof. Dr. I Nyoman Natajaya, M. P..(20014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Jimbaran, Kuta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar.
  18. Mada, U. G. (2007). Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Universitas Stuttgart.
  19. Mahardika, M., 2008, Study on Machining Conditon Monitoring for Micro-EDM Processes, Dissertation, Keio University.
  20. Neina, Q. A., Mardikantoro, H. B., & Supriyanto, T. (2015). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Cerita Anak Bermuatan Nilai Karakter Berdasarkan Content and Languange Integrated Learning (Clil) Untuk Peserta didik Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Seloka Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 50–57. https://doi.org/http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/issue/view/885
  21. Picauly, I., & Toy, S M. (2013). Analisis Determinan Dan Pengaruh Stunting Terhadap Prestasi Belajar Anak Sekolah Di Kupang Dan Sumba Timur, Ntt. Gizi Dan Pangan, 8(1), 55-62.
  22. Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 225-238.
  23. Robiah Sidin, & Nor Sakinah Mohamad. (2007). ICT dalam Pendidikan: Prospek dan Cabaran dalam Pembaharuan Pedagogi. Jurnal Pendidikan Malaysia, 32, 139–152.
  24. Santrock. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  25. Sewang, A., & Halik, A. (2019). Model Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Masalah: Studi Kasus pada Jurusan Tarbiyah dan Adab IAIN Parepare. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 3(1), 1-15.
  26. Suherman, A. (2010). MODEL PEMBELAJARAN PAKEM DALAM PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 131–141.
  27. Sumadi Suryabrata, 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  28. Susanto, H. (2006). Meningkatkan Konsentrasi Peserta didik Melalui Optimalisasi Modalitas Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(6), 46-51.
  29. TRISNADEWI, k. A., Darsana, I. W., & Wijasa, I. K. N. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Peserta didik Kelas V Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).