Main Article Content

Abstract

Peneliti ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa di SMP N 3 Pekalongan yang berjumlah 400 siswa. Sempel yang di teliti sebanyak 78 Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, dokumentsi, metode wawancara. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, analisis pendahuluan, uji hipotesis, persamaan regresi linear sederhana.


Hasil penelitian menunjukan bahwa : Prestasi belajar pada mata  pelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 3 Pekalongan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa yang memiliki rata-rata 83. Nilai tersebut berada dalam interval kelas terletak pada (83-90), sehingga prestasi belajar dikategorikan sangat baik.Hasil pelitian menjukan bahwa hasil untuk variabel X (kedisiplinan belajar siswa) diperoleh nilai thitung = 1,757 dengan tingkat signifikansi 0,083. Karena nilai thitung1,757< nilai ttabel 1,99 dan tingkat signifikansi 0,083 < 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian maka Hipotesis ini tidak diterima atau dengan kata lain kedisiplinan belajar siswa tidak memiliki pengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan  nilai adjust R Square sebesar 0,028. Nilai tersebut  menunjukan bahwa pengaruh variabel kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar PAI sebsesar 2,6% san sisanya 97,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.


Kata kunci : Disiplin, Prestasi

Article Details

How to Cite
Riyadlotussholikhah. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Pekalongan. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 23-35. https://doi.org/10.35905/alishlah.v18i1.1094

References

  1. Arikunto, Suharsimi, 1993, Manajemen Pengajaran Secara Manusia ,Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: PT Rineke Cipta
  3. Dimyati dan Mudjiono, 1998. Belajar dan Pembelajaran , Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998.
  4. Dokumentasi SMP N 3 Pekalongan pada tanggal 9 November 2018
  5. Dreikurs, Rudolf dan Pearl Cassel, 2006, Disiplin tanpa hukuman . Bandung: CV Remaja Rosdakarya
  6. Faisal, Sanapiah, 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional
  7. Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  8. Margono, S 1997, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Muhadjir, Noeng 1993. Ilmu pendidikan dan perubahan sosial suatu teori pendidikan Yogyakarta: Rake Sarasin, 1993
  10. Purwanto,2008. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  11. Salafudin, 2010. Statistik Terapan untuk Penelitian Sosial (Pekalongan: STAIN
  12. Pekalongan Press.
  13. Salafudin dan Nalim, 2014, Statistik Inferensial, Pekalongan: STAIN Press.
  14. Suparlan,2008. Membangun Sekolah Efektif , Yogyakarta: Hikayat Publishing
  15. Sohib,M. 1998. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, Jakarta: Rineka Cipta
  16. Tohirin, 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi dan Kompetensi , Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
  17. Uhbiyati, Nur ,1997. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung : CV Pustaka Setia
  18. Sugiyono,2016. Metode Penelitian Pendidikan ,Bandung: Alfabeta.
  19. Sudjana,2002. Metode Statistika , Bandung: Tarsito