Jurnal Edisi Juli-Desember 2019, menyajikan tema dan kajian yang bersifat interdisipliner, yaitu kajian kritis terhadap sistem pendidikan dan pembelajaran dalam rumpun keilmuan pendidikan Islam. Secara empirik, pendidikan Islam masih bergelayut dengan berbagai tantangan dan masalah yang bersifat kompleks. Pada Aspek normatif dan teoretis, pendidikan Islam memberikan gagasan ideal tentang mutu pendidikan Islam sehingga dapat menjadi solutif bagi permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara. Tema yang diusung pada edisi ini yakni sistem pendidikan Islam dalam konteks visi, misi, tujuan, kurikulum, kompetensi guru, respek dan minat belajar peserta didik, desain pembelajaran pada aspek strategi, metode, dan evaluasi pembelajaran, serta kontribusi pendidikan Islam terhadap pembangunan bangsa Indonesia. Ekspektasi edisi ini dapat menambah khazanah keilmuan pendidikan Islam dan memberikan solusi atas bagian kecil dari kompleksitas masalah yang dialami pendidikan Islam kontemporer.

DOI: https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2

Published: Dec 13, 2019