Main Article Content

Abstract

Bank BNI Syariah merupakan salah satu perbankan syariah di kota Parepare yang memiliki produk pembiayaan. Artikel ini membahas mengenai strategi pemasaran produk pembiayaan tersebut dengan menganalisis perspektif manajemen syariah. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk pembiayaan bank BNI Syariah meliputi unsur bauran pemasaran 7P yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang/karyawan, fasilitas fisik, dan proses. Namun dari ketujuh unsur tersebut, strategi pemasaran yang paling efektif yang telah dilakukan adalah promosi dengan cara door to door yang bersifat kunjungan kepada nasabah. Strategi pemasaran tersebut sudah sesuai dengan prinsip manajemen Syariah.

Keywords

Pemasaran, Manajemen Syaria,h Bank Syariah

Article Details

How to Cite
Juneda, J. (2019). Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan PT. BNI Syariah KC. Parepare. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 212-237. Retrieved from http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/balanca/article/view/1145

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Al-Qur’anul Karim
  3. Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press 2013.
  4. Anoraga, Pandji. Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro. Yogyakarta: PT. Dwi Chandra Wacana. 2010.
  5. Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press. 2001.
  6. Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers. 2015.
  7. Dendawijaya, Lukman. Manajemen Perbankan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. 2003.
  8. Hamid, A., & Zubair, M. K. (2019). Implementasi Etika Islam Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah. BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 16-34.
  9. Huda, Nurul, dkk. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana. 2017.
  10. Ikatan Bankir Indonesia. Strategi Bisnis Bank Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2015.
  11. Ilmi, Makhalul. Teori dan Praktek Mikro Keuangan Syariah. Yogyakarta: UII Press. 2001.
  12. Ismail. Perbankan Syariah. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group. 2013.
  13. Kasmir. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana. 2010.
  14. Kasmir. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT RajaGrafindo. 2014.
  15. Kertajaya, Hermawan, et al. Syariah Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka. 2006.
  16. Mangkunegara, A.P. Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Cetakan Keempat. Bandung: PT Refika Aditama. 2009.
  17. Muhamad. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. 2011.
  18. Muhamad. Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers. 2015.
  19. Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifin. Islamic Banking: sebuah Teori, knsep, dan Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2010.
  20. Sjahdeini, Sutan Remy. Perbankan Syariah Produk-produk dan Aspek-aspek Hukumnya. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana. 2014.
  21. Supriono. Manajemen Strategi dan Kebijakan Bisnis. Yogyakarta: BPFE. 1985.
  22. Sutanto, Herry dan Khairul Umam. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Pustaka Setia. 2013.
  23. Usmara, Usi. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta: Amara Book. 2008.
  24. Winardi, J. Enterpreneur dan Enterpreneurship. Jakarta: Kencana. 2003.
  25. Wirartha, I Made. Metodologi Penetilian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: C.V Andi Offset. 2006.
  26. Yuniarti , Vina Sri. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung Pustaka: Setia. 2015.
  27. Yusanto, Muhammad Ismail dan Muhammad Karebet Widjajakusuma. Menggagas Bisnis Islam. Jakarta: Gema Insani Press. 2002.
  28. Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan
  29. Undang-Undang RI Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah
  30. BNI Syariah, Sejarah BNI Syariah, https://www.bnisyariah.co.id/id-id/perusahaan/tentangbnisyariah/sejarah,
  31. Boom, Bitner yang dikutip oleh Buchari Alma. 2002, Bauran Pemasaran, Diakses http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17054/3/Chapter%20II.pdf,
  32. https://endah240395.wordpress.com/2015/01/05/makalah-umkm/,
  33. https://www.bnisyariah.co.id/id-id/personal/pembiayaan/mikro,
  34. Masse, Rahman Ambo. “Implementasi Prinsip Syariah dalam Akad Pembiayaan Perbankan Syariah (Studi pada Bank Muamalat dan Unit Usaha Syariah Bank BPD Sulselbar di Kota Makassar).”, Disertasi Doktor (Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2015, (online) dalam http://repositori.uin-alauddin.ac.id/623
  35. Oktavianus, Yudhi. “Strategi Pemasaran Produk Kredit Perbankan (Kasus Bank Nagari Cabang Pekanbaru)”, diakses dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/2189,
  36. Zubair, Muhammad Kamal. “Akselerasi Pertumbuhan Bank Syariah Di Indonesia”, Jurnal Fakultas Hukum UII, 2008, (online), h. 1. Dalam https://www.neliti.com/publications/89402/akselerasi-pertumbuhan-bank-syariah-di-indonesia