Section Articles

HARGA JUAL DAN TINGKAT MARGIN: PREFERENSI NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH BMT AS’ADIYAH SENGKANG

Reni Furwanti
[email protected] (Primary Contact)

Main Article Content

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang pengaruh harga jual dan tingkat margin terhadap keputusan pelanggan untuk menggunakan produk murabahah BMT As'Adiyah Sengkang. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah biaya barang dan tingkat margin memiliki pengaruh yang signifikan bagi pelanggan menggunakan produk murabahah di BMT As'Adiyah Sengkang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan akan ditafsirkan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan, secara simultan, harga jual dan tingkat margin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan tentang pembiayaan murabahah BMT As'adiyah Sengkang. Namun secara parsial harga jual berpengaruh signifikan sedangkan margin tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah.

Article Details

How to Cite
Furwanti, R. (2020). HARGA JUAL DAN TINGKAT MARGIN: PREFERENSI NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH BMT AS’ADIYAH SENGKANG. BANCO: Jurnal Manajemen Dan Perbankan Syariah, 2(1), 95-106. https://doi.org/10.35905/banco.v2i1.1331

References

  1. Adriani, T. (2019). Pengaruh Salesmanship, Margin dan Pengetahuan Produk oleh Nasabah terhadap keputusan pembiayaan Murabahah pada PT BNI Syariah KCP Tulungagung. Tulung Agung: IAIN Tulung Agung.
  2. Aini, A. N. (2015). Pengaruh Tingkat Margin terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murābahah di BMT UGT Sidogiri Cabang Waru Sidoarjo. Surabaya: Respository UIN Sunan Ampel.
  3. As'Adiyah, B. (2019). Laporan Break Down Kolektibilitas. Sengkang, Kab. Wajo: BMT As'Adiyah Sengkang.
  4. As'Adiyah, B. (2020, 02 19). http://asadiyahpusat.org/bmt-asadiyah/. Retrieved from http://asadiyahpusat.org/.
  5. Asiyah, B. N. (2014). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: Teras.
  6. Asri, R. K. (2018). Pengaruh Tingkat Margin dan Prosedut Pembiayaan terhdap Keputusan Nasabah dalam Pengambilan Pembiayaan Murabahah (Pada BPRS Mitra Ago Usaha Bandar Lampung). Respository UIN Raden Intan Lampung.
  7. Bachtiar, I. Y. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan dan Simpanan Baitul Maal wa Tamwil Rizwa Tulungagung dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Respository IAIN Tulung Agung.
  8. Diana Djuita, Dian Purnamasari. (2017). Analisis Penetapan Harga Jual pada Pembiayaan Murabahah berdasarkan Perspektif Islam di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Al-Falah Sumber. Al- Amwal: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 9, No. 1.
  9. Fadhillah, M. A. (2018). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah Menabung di Bank Syariah Kota Makassar. Makassar: Respository UIN Alauddin.
  10. Hechem Ajmi, Hassanuddeen Abdul Aziz, Salina Kassim, Walid Mansour. (2019). Principal-Agent Preferences in Imperfect Market: Theoretical Analysis on Murabahah and Ijarah. JIMF: Jurnal of Islamic Monetary and Finance, Vol. 5, No. 1.
  11. Hotimatul Adalah, F. F. (2016). Pengaruh Potongan Margin (Muqashah Ar-Ribhi) Terhadap Minat nasabah dalam Memanfaatkan Pembiayaan Murabahah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar (Studi Kasus di Kantor Cabang Bluto Sumenep). Iqtishadiah, Vol. 3. No. 1.
  12. Imama, L. S. (2015). Konsep dan Implementasi Murabahah pada Produk Pembiayaan Bank Syariah. Kudus: IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah.
  13. Karim, A. (2007). Bank Islam,Analisis Fiqih Dan Keuangan. Jakarta: PT Rajawali Persada.
  14. Muh. Fudhail Rahman, Aida Humaira. (2019). Position and Role of sharia Banks on Murabahah Contract Implementation. Bengkulu: MADANIA: Jurnal Kajian Keislaman, Vol. 23, No. 2.
  15. Muhammad. (2012). Tehnik Perhitungan Bagi Hasil dan Pricing di Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press .
  16. Muhammad Ali Tamrin, Dedi Suselo. (2018). Implementasi Akad Murabahah dalam Penentuan Harga dan Margin Pembiayaan pada BMT di Tulungagung. Jurnal Iqtisaduna, Vol. 4, No. 1.
  17. Muneeza Aisth, Muhammad Fahmi Fauzi, et all. (2019). Housing Financing: Contracts Used by Islamic Banks fot Finished Properties in Malaysia. Journal of Islamic Accounting and Business Research, ISSN: 1759-0817.
  18. Prasetiyo, J. (2017). Persepsi Masyarakat Non Muslim terhadap Keputusan Menggunakan Pembiayaan Murabahah. Surakarta: Respository IAIN Surakarta.
  19. Rahmawati, T. P. (2019). Pengaruh Penetapan Harga Jual Dan Tingkat Margin Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pembiayaan Murabahah Pada BPRS Amanah Insan Cita Medan. Sumatera Utara: respositori.unisu.ac.id.
  20. Rasyid, S. (2010). Konsep Dasar BMT : dikutip dalam buku Neni Sri Imaniyati, Aspek- Aspek Hukum BMT/ Baitul Mal wat Tamwil. Yogyakarta: Mediakom.
  21. Sa'adah, N. A. (2015). Pengaruh Penetapan Harga Jual dan Tingkat Margin Terhadap Keputusan Pembiayaan murabahah pada Anggota BMT Agritama Blitar. Tulung Agung: Respository IAIN Tulung Agung.
  22. Sikrillah, L. (2016). Analisis Penetapan Harga Jual Pembiayaan Murabahah pada Lembaha Keuangan Syatiah dan Non Bank. El-Dinar, Vol. 4, No. 2, Malang.
  23. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
  24. Syaparuddin. (2017). Ilmu Ekonomi Mikro Islam: Peduli Maslahah vs. Tidak Peduli Maslahah. Yogyakarta: Trust Media.
  25. Wiroso. (2005). Jual Beli Murabahah. Yogyakarta: UII Press.
  26. Wulandari, Niken Ayu. (2017). Analisis Penetapan Harga Jual Produk Murabahah terhadap Keputusan Nasabah Pembiayaan Mikro (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pringsewu). Respository UIN Raden Intan Lampung.
  27. yakabera, z. (2017). Pengaruh penetapan harga jual dan tingkat margin terhadap keputusan pengambilan pembiyaan murabahah pada BMT As' Adiyah Sengkang. Palembang: respository UIN Raden Intan Fatah.