Main Article Content

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisa manajemen pelayanan dana haji pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Parepare. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif ini bermaksud untuk membedakan fenomena dengan menggunkan beberapa teori, memahami fenomena dengan apa yang dialami misalnya, persepsi, minat, motivasi, tindakan, baik secara tertulis maupun tidak tertulis.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, penelitian lapangan (field research) seperti,wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, analisis induktif. Untuk menguji keabsahan data dilakukuan melalui trianggulasi data, trianggulasi metode dan trianggulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen pelayanan dana haji yang dilakukan oleh pihak Bank Mandiri Syariah kepada para calon jamaah haji sepenuhnya sudah dikelola maksimal dalam memberikan pelayanan karena hal ini dapat dilihat melalui teori manajemen Pelayanan dan teori kontemporer yang diterapkan dalam penelitian ini, sudah hampir terpenuhi hanya saja dari segi promosi produk tabungan haji, Bank Syariah Mandiri masih kurang karena belum bisa meyakinkan publik, untuk itu masyarakat khususnya pada Kota Parepare kurang mengetahui informasi yang terkait mengenai produk tabungan haji pada KCP Bank Syariah Mandiri Kota parepare.

Keywords

Manajemen pelayanan Bank Syariah Mandiri dana haji

Article Details