Main Article Content

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisa strategi manajemen pelayanan PT. Zakiah Dina Tayyibah Tour dan Travel Kota Parepare dalam meningkatkan kepercayaan Jamaah Haji dan Umrah serta untuk mengetahui apakah yang menjadi kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang dalam meningkatkan kepercayaan Jamaah Haji dan Umrah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Data dari penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi PT. Zakiah Dina Tayyibah Tour dan Travel Kota Parepare dalam meningkatkan Pelayanan dan Kepercayaan Jamaah Haji dan Umrah pada perusahaannya sangatlah baik yaitu dengan menggunakan teori pelayanan berspektif Islam yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, motivasi, pengawasan serta kualitas pelayanan yang berspektif Islam dan bertindak sesuai dengan tuntunan al-Quran dan as-Sunnah, hal tersebut patut menjadi contoh terhadap Biro penyelenggara Haji dan Umrah lainnya.Namun demikian masih ditemukan Ancaman dan Kelemahan pada PT. Zakiah Dina Tayyibah yaitu banyaknya biro penyelenggara Haji dan Umrah yang ada serta letak PT. Zakiah Dina Tayyibah yang sulit dijangkau masyarakat, akan tetapi dapat diatasi melalui Kekuatan dan Peluang yang ada pada PT. Zakiah Dina Tayyibah yaitu perkembangannya yang pesat, serta beberapa cabang di berbagai daerah, dan pelayanannya yang berkualitas.

Keywords

Manajemen Pelayanan Analisis SWOT Lembaga Tour dan Travel

Article Details