Main Article Content

Abstract

Bangsa Indonesia menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar yakni pemilihan
Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Masing-masing pasangan calon saling
bersaing dalam merebutkan suara masyarakat. Salah satu penyubang suara yang
berpengaruh dalam pemilihan Presiden nanti adalah generasi Milenial. Generasi yang
mampu menciptakan perubahan. Menurut hasil survei, generasi milenial masih goyah
dalam menentukan pilihan ataupun calon Presiden harus concern menggapai suara
milenial. Sosok Sandiaga Uno adalah orang yang dipercaya mampu merangkul suara
generasi Milenial ini dikarenakan latar belakang Uno yang sangat terkait dengan
mereka. Ganteng, muda, santun, sukses adalah hal yang menonjol dari seorang
Sandiaga. Hal inilah yang menarik perhatian bagi generasi Milenial yang
mengutamakan penampilan secara visual. Berbagai strategi dilakukan dalam meraih
simpatik generasi milenial mulai dari menggunakan media massa maupun media sosial.
Perebutan suara generasi milenial dalam pertarungan politik pada 2019 nanti tidak bisa
dianggap remeh. Generasi milenial memiliki posisi tawar yang menguntungkan sehingga
nanti diharapkan mampu menyumbang banyak suara.

Article Details

How to Cite
Aisy Nur Albar, & Acep Ikbal Hidayatullah. (2019). Pengaruh Sosok Sandiaga Uno dalam Meraih Suara Generasi Milenial Pada Pemilihan Presiden Tahun 2019 . KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah, 9(1), 21 - 36. https://doi.org/10.35905/komunida.v9i1.1130

References

  1. Ardianto, Elvinaro dkk. 2009. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiaosa Rekatama Media.
  2. Ardianto, Elvinaro. 2014. Handbook Of Public Relation Pengantar Komperhensif. Bandung: Simbosia Rekatama Media.
  3. Lippman, Walter. 1992. The World Outside and The Picture in Our Heads, New York: Horcourt, Brace and Company.
  4. M. Block, Edward.1993. How Public Opinion is Formed. Public Relation Review.
  5. Muluk, Hamdi. 2010. Mozaik Psikologi Politik Indonesia, Jakarta: Rajawali Press.
  6. P. Hatington, Samuel. 2004. Tertib Politik Pada Masyarakat Yang Sedang Berubah. Jakarta: Raja Grafika Persada. Paulus,https://id.beritasatu.com/home/media-sosial-di-tahun-politik/171239, diakses pada tanggal 14 Desember 2018
  7. Pickles, Dorothy. 1991. Pengantar Ilmu Politik. Jakarta: Renika Cipta.
  8. Prasojo, Eko. 2009. Reformasi Kedua. Jakarta: Salemba Humanika.
  9. Price, Vincent and Donal F. Robert. 2018. Public Opinion Proceses, dalam Handbook Of Comunication Science, ed. Berger and Chaffe.
  10. Ria Anatasia, http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2018/09/01/cara-sandiaga-uno-menggaet-pemilih-milenial-di-pilpres-2019, diakses pada 13 Desember 2018.
  11. Rina Ayu Panca Rini, http://www.tribunnews.com/pilpres2019/2018/09/26/survei-indikator-citra-sandiaga-lebih-menterengketimbang-maruf-amin,
  12. di akses pada 13 Desember 2018.
  13. Toni Ervianto, https://jurnalintelijen.net/2018/09/12/menerka-suara-pemilihmilenial-di-pilpres-2019/ di akses pada 10 Desember 2018.