Main Article Content

Abstract

Advertising is an important part of marketing activities, with the ability of
advertising to build the image of a product able to attract the attention of
potential consumers. Television advertisements display women in images as sex
objects and decoy. Women as sex objects sre displayed in the form of women’s
domestic roles, while images as a decoy are displayed in the form of sexual
exploitation to attract the attention of consumers.

Keywords

Perempuan, seks, eksploitasi, konsumen

Article Details

How to Cite
Fathiyah, & Nur Fahmi Hidayah. (2019). Citra Perempuan dalam Tayangan Iklan TV. KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah, 9(1), 89 - 102. https://doi.org/10.35905/komunida.v9i1.1134

References

  1. Analisis Pengaruh Iklan Televisi Dan Endorser Terhadap Purchase Intention Pond‟s Men Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel InterveningPetra Vol. 2, No. 1, hal. 1-14.
  2. Astuti, Yanti Dwi, 2016. Profetik Jurnal Komunikasi. Vol.09/N0.02/Oktober 2016.Media Dan Gender (Studi Deskriptif Representasi Stereotipe Perempuan Dalam Iklan Di Televisi Swasta).
  3. Bahan Informasi Pengarusutamaan Gender.2002. Apa itu gender. Edisi 2. KementerianPemberdayaan Perempuan RepublikIndonesia.
  4. Fitri Anggraini Gunawan dan Diah Dharmayanti, Diah . 2014. Jurnal Manajemen Pemasaran.
  5. Fitryarini, 2009.Jurnal Ilmu Komunikasi. Iklan Dan Budaya Popular: Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan Perempuan Oleh Iklan Di Televisi. Volume 6, Nomor 2, Desember 2009: 119-136.
  6. Hasyim, Muhammad. 2014.Journal Communication. Volume 5, Nomor 2 Oktober 2014.
  7. Hermawan dan Hamzah. 2017.Jurnal Kajian Media.Objektifikasi Perempuan dalam Iklan Televisi : Analisis Lintas Budaya terhadap Iklan Parfum Axe yang Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika Serikat. Vol. 1 No. 2.Desember 2017. Halaman 166 – 176.
  8. Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Bandung: Kencana.
  9. MeritaAuli, Merita& Jamiah, Ririn, 2017.Jurnal Analisis Sosial Politik. Dominasi Perempuan Dalam Iklan Televisi: Stereotip Gender Dalam Iklan Televisi Pada SCTV. Volume 1, No 2, Desember 2017.
  10. Rahmat, Jalaluddin, 2018. Psikologi Komunikasi Simbiosa Rekatama Media; Bandung
  11. Siswati, Endah. 2014. Jurnal Ilmu Komunikasi.Representasi Domestikasi Perempuan dalam IklanVolume 11, Nomor 2, Desember 2014: 179-19
  12. Solihin, Olih. 2015.Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi.Terpaan Iklan Mendorong Gaya Hidup Konsumtif Masyarakat Urban.Volume V No. 2 / Desember 2015
  13. Suasana, Ariefagug , 2001. Nirmana. Hubungan Gender Dalam Representasi IklanTelevisi. Vol. 3, No. 1, Januari 2001: 1 – 16.
  14. Wells, W., Moriarty, S. and Burnett, J. (2006).Advertising: Principles & Practice, 7th ed.
  15. Winarni, Rina Wahyu. 2010.Dieksis.Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan.Vol.2 No. 2 April-Juni 2010. Hal 134-152. https://www.kwikku.com/post/1476011. Definisi Cantik Dari Masa Ke Masa, Beda Jaman Beda Selera. Diakses pada 23 Juli 2019. https://medium.com/@evisetiawati195/realitas-sosial-media-massa-bentukaniklan 18a68d9cf39.Diakses pada
  16. tanggal 20 Mei 2019.