Main Article Content

Abstract

This article focuses on analyzing da'wah messages that can be learned from the story of Adam's two sons in the Alqur’an. This study shows some aspects of da'wah messages that are relevant to learn; First, sincerity and intention as conditions for receiving worship. Habil's attitude in dedicating himself to his sacrifice was acceptable to God. Unlike Qabil, because he was not honest in carrying out sacrifices, causing his sacrifice to be rejected by Allah swt; Second, the holy soul can control humans from evil behavior; and Third, Citing Lessons could be taken even from Animals Behavior. In many verses of the Alqur’an which tell people to take 'ibrah (parable) from the behavior of animals and birds.

Article Details

How to Cite
Haramain, M. (2019). Analisis Pesan Dakwah pada Kisah Dua Putera Adam dalam Alquran. KOMUNIDA : MEDIA KOMUNIKASI DAN DAKWAH, 9(1), 31-47. https://doi.org/10.35905/komunida.v9i1.773

References

  1. Arifin, Bey.Rangkaian Cerita dalam Al-Qur’an.Cet.XVII; Bandung: PT. Alma’arif, t.th.
  2. Al-Amri, L., & Haramain, M. (2017). AKULTURASI ISLAM DALAM BUDAYA LOKAL. KURIOSITAS, 10(2), 87-100.
  3. Azra, Azyumardi (ed.). 1999. Sejarah dan ‘Ulum al-Qur’an. Cet.I; Jakarta: Pustaka Firdaus.
  4. Bisri, A. Mustofa. 2000. "Taat, Ibadah, dan Taqarrub (Bebas Menyendiri dengan Diri Sendiri)", dalam Nurcholish Madjid, et al., Puasa: Titian Menuju Rayyan.Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Chazawi,Adami. 2002. Pelajaran Hukum Pidana Bagian Ketiga.Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  6. Departemen Agama RI. 1985/1986. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an.
  7. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1986. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
  8. Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. 1994. Ensiklopedi Islam. Cet. III; Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve.
  9. Hafid, M.Radhi. Gaya Bahasa Kisah Al-Quran: Kajian Semiotika. Orasi Pengukuhan Jabatan Guru Besar yang disampaikan dalam sidang Senat Terbuka Luar Biasa IAIN Alauddin Ujungpandang pada tanggal 1 Juni 1998.
  10. -------.Nilai Edukatif Kisah Alquran. Disertasi yang diajukan pada Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 1994.
  11. Hamka. 1992. Tafsir al-Azhar. Jakarta: PT Pustaka Panjimas.
  12. Haramain, M. (2017). DAKWAH DALAM ARUS GLOBALISASI MEDIA: PELUANG DAN TANTANGAN. KOMUNIDA: MEDIA KOMUNIKASI DAN DAKWAH, 7(1), 60-73.
  13. Haramain, Muhammad (2012) Pemikiran dan Gerakan Dakwah Tuan Guru M. Zainuddin Abdul Madjid di Lombok NTB. Magister (S2) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
  14. Haramain, M. (2016). al-Wasathiyyah wa Atsaruha fi al-da'wah al-Islamiyyah: Dirasah Lugawiyyah Manhajiyyah. Langkawi: Journal of The Association for Arabic and English, 2(1), 83-100. doi:http://dx.doi.org/10.31332/lkw.v2i1.446
  15. Haramain, M. (2016). (الوسطية وأثرها فى الدعوة الإسلامية (دراسة لغوية منهجية. Langkawi: Journal of The Association for Arabic and English, 2(1), 83-100. doi:http://dx.doi.org/10.31332/lkw.v2i1.446
  16. Al-Khalidy, Shalah 'Abd al-Fattah. 2000. Ma’a Qishash al-Sabikin fiy al-Qur’an, ditrerjemahkan oleh Setiawan Budi Utomo dengan judul Kisah-kisah Al-Qur’an: Pelajaran dari Orang-orang Dahulu. Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press.
  17. Mahfud,Sahal. 2000. "Ibadah Sosial Tentukan Kualitas Iman", dalam Nurcholish Madjid, et al., Puasa: Titian Menuju Rayyan.Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  18. Al-Maragiy, Ahmad Mushthafa.Tafsiral-Maragiy. Bairut: Dar al-Fikr, t.th.
  19. Marpaung, Leden. 1991. Unsur-unsur Perbuatan yang Dapat Dihukum (Delik). Cet. I; Jakarta: Sinar Grafika.
  20. Al-Maududi, Abul A'la. 1986. Pengertian Agama, Ibadah dan Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Al-Qur'an, diterjemahkan oleh Mahyuddin Syaf tanpa menyebut judul aslinya. Cet. I; Bandung: Sinar Baru.
  21. Munawwir, Ahmad Warson.Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia.Yogyakarta: Pondok Pesantren al-Munawwir, t.th.
  22. Al-Qaththan, Manna’. Mabahi£ fiy ‘Ulum al-Qur’an.Bairut : Muassasah al- Risalah, t.th.
  23. Quthub, Sayyid. 1971. Fiy ¨ilal al-Qur'an. Cet. VII; Bairut: Mazidah wa Manqahat.
  24. Al-Qurthubiy, Abiy ‘Abdillah Muhammad ibn Ahmad al-Anshariy.Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an. Bairut: Dar al-Fikr li al-Thaba’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi’, t.th.
  25. Rachman, Luthfi. 2000. "Nilai Ikhlas dalam Puasa Ramadhan", dalam Nurcholish Madjid, et al.Puasa: Titian Menuju Rayyan.Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  26. Al-Shabuniy, Muhammad ‘Aliy. Shafwah al-Tafasir.Kairo: Dar al-Fikr, t.th.
  27. Shihab,M. Quraish. 1992. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kerhidupan Umat.Bandung: Mizan.
  28. --------. 1998. Mukjizat Al-Quran Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Gaib. Bandung: Mizan.
  29. --------.1997. Tafsir al-Qur’an al-Karim: Tafsir atas Surah-surah Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu.Bandung: Pustaka Hidayah.
  30. Al-Syawkaniy, Muhammad ibn ‘Aliy ibn Muhammad. 1973. Fath al-Qadir bayn Fann al-Riwayah wa al-Dirayah min 'Ilm al-Tafsir. Bairut: Dar al-Fikr li al-Thaba’ah wa al-Tauzi’.
  31. Ulum, A. C., & Haramain, M. (2017). EKSISTENSI DAKWAH DALAM MERESPON PLURALISME. KOMUNIDA: MEDIA KOMUNIKASI DAN DAKWAH, 7(2), 124-138.