Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.

Redaksi menerima kiriman artikel dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan dalam media lain dan tidak mengandung unsur plagiat dengan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis.
  2. Artikel dapat berupa hasil penelitian (lapangan, kepustakaan), kajian, gagasan konseptual dan aplikasi teori.
  3. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1 pada kertas ukuran A4 dengan ruang sisi 3,5 dari tepi kiri, 2,5 dari tepi kanan, atas dan bawah. Jumlah halaman 12-20 termasuk didalamnya daftar pustaka dan tabel.
  4. Judul, abstrak, dan kata-kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  5. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan format esai.
  6. Sistematika penulisan artikel disusun dengan urutan sebagai berikut : (a) judul: komprehensif, jelas dan singkat. Judul artikel, judul bagian, dan sub bagian dicetak tebal. Judul diketik dengan huruf kapital 14. Judul bagian dan subbagian diketik dengan title case; (b) nama dan alamat penulis: nama ditulis lengkap tanpa gelar. Alamat ditulis di bawah nama penulis, disertai dengan alamat lengkap, nomor telepon dan alamat email yang dapat dihubungi; (c) tanggal penyelesaian naskah: dicantumkan di bawah alamat penulis untuk menunjukkan kemutakhiran artikel; (d) abstrak: merupakan intisasri naskah, berjumlah 100-150 kata dan dituangkan dalam satu paragraph. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; (e) kata-kata kunci: di bawah abstrak dicantumkan kata-kata kunci (key words) maksimum lima kata. Kata-kata kunci harus mencerminkan konsep penting yang ada di dalam naskah; (f) pendahuluan (tanpa judul dan subbab) berisi: latar belakang, masalah/tujuan, tinjauan pustaka; (g) pembahasan: ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, menyajikan dan membahas secara jelas pokok bahasan dengan mengacu pada tujuan penulisan; (h) gambar, tabel, dan rumus: gambar, tabel dan rumus diberi judul, nomor, dan keterangan lengkap serta dikutip dalam teks. Data berupa gambar atau tabel hendaknya merupakan data yang sudah diolah. Pencantuman tabel atau gambar yang terlalu panjang (lebih dari 1 halaman) sebaiknya dihindari. Perujukan atau pengutipan gambar, tabel, dan rumus menggunakan penomoran, bukan dengan kata-kata seperti “di bawah ini”, “sebagai berikut”, atau “berikut ini”. Contoh: Struktur penulisan judul berita pada rubrik ekonomi harian Kompas disajikan dalam tabel 4; (i) grafik atau kurva: grafik atau kurva yang mengindikasikan perbedaan makna dibuat dalam bentuk garis tebal/tipis/putus-putus, pembuatan grafik dengan menggunakan warna sebagai pembeda makna hendaknya dihindari (j) simpulan; (k) daftar pustaka/daftar rujukan: pustaka yang diacu harus dipakai dan masuk dalam teks artikel.
  7. Daftar rujukan ditulis dengan cara seperti contoh berikut, diurutkan secara alfabetis.

Shibab, M. Quraish, 2000, Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati.

Crystal, D, 2003, English as a Global Language, (2nd Ed.), Cambridge: Cambridge University Press.

  1. Naskah dapat dikirim melalui pos ke alamat redaksi dengan menyertakan cakram padat (CD) atau dikirim melalui email ke alamat : kuriositas@stainparepare.ac.id.  File dibuat dalam format Microsoft Word/Rich Text Format.
  2. Penulis bersedia melakukan revisi naskah jika diperlukan.
  3. Penulis yang naskahnya dimuat akan menerima tiga eksemplar sebagai bukti pemuatan.