Main Article Content
Abstract
Permainan tradisional selodor bertujuan melatih keterampilan, ketangkasan, dan kelincahan dengan memainkan permainan tradisional selodor anak banyak melakukan gerakan-gerakan yang mengecoh lawan guna melewati lintasan dan kembali ke titik awal sebagai tanda kemenangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dari permainan tradisional selodor dan bagaimana tingkat eksistensi permainan selodor pada era 4.0 di Kota Mataram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif karena peneliti ingin mengukur tingkat eksistensi yang dimana dapat terjawab dengan mengeksplor pendapat seseorang. Subyek penelitian ini adalah masyarakat suku sasak khususnya di Kota Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil pada penelitian ini yakni tingkat popularitas permainan selodor saat ini sudah jarang dimainkan di wilayah kota Mataram namun di beberapa daerah ada yang masih memainkannya, hal tersebut disebabkan karena teknologi yang semakin berkembang di era 4.0 seperti sekarang ini. Juga makna dari selodor ini sendiri yakni untuk membangkitkan kerjasama antar kelompok.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Artika, Meti. 2020. Upaya Penerapan Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Kelas A I di Taman Kanak-kanak Assalam 2 Suka Rame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
- Dhofir, dkk. 2019. Loteng (selodor banteng): media nostalgia dalam menanamkan konsep matematika pada anak madura. Universitas Madura. Vol 5. Link diakses. 17 november 2020
- Eliasa, Eva Imania. 2012. Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini. FIP UNY
- Emiliyana, Danika Martun. 2010. Peranan Permainan Tradisional Gobag Sodor Dalam Pengembangan Aspek Motorik Dan Kognitif Anak Tk Pilangsari I Gesi Sragen. Universitas muhamadiah Surakarta
- Hasanah, Hasyim. 2016. Teknik-teknik Observasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Semarang
- Ikawati, Hastuti Diah. dkk. 2018. Ragam Permainan Tradisional Suku Sasak di Pulau Lombok. LPP Mandala
- Izza, Solikhatun. dkk. 2018. Permainan Tradisional (Gobak Sodor) Dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak. Universitas Negeri Semarang
- Listyaningrum, Dwi. 2018. Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Universitas PGRI Madiun
- Widyawati, Novilia. 2018. Tingkat Pengetahuan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Penjasorkes Siswa SD Negeri Wadingan Wates. UNY
- Buku Elektronik
- Wijaya, Hengki. dkk. 2014. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar
- Wijono, S Tiana. 2014. Be Smart & Hard Worker. PT penerbit IPB press. Bogor
References
Artika, Meti. 2020. Upaya Penerapan Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Kelas A I di Taman Kanak-kanak Assalam 2 Suka Rame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Dhofir, dkk. 2019. Loteng (selodor banteng): media nostalgia dalam menanamkan konsep matematika pada anak madura. Universitas Madura. Vol 5. Link diakses. 17 november 2020
Eliasa, Eva Imania. 2012. Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini. FIP UNY
Emiliyana, Danika Martun. 2010. Peranan Permainan Tradisional Gobag Sodor Dalam Pengembangan Aspek Motorik Dan Kognitif Anak Tk Pilangsari I Gesi Sragen. Universitas muhamadiah Surakarta
Hasanah, Hasyim. 2016. Teknik-teknik Observasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Semarang
Ikawati, Hastuti Diah. dkk. 2018. Ragam Permainan Tradisional Suku Sasak di Pulau Lombok. LPP Mandala
Izza, Solikhatun. dkk. 2018. Permainan Tradisional (Gobak Sodor) Dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak. Universitas Negeri Semarang
Listyaningrum, Dwi. 2018. Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Universitas PGRI Madiun
Widyawati, Novilia. 2018. Tingkat Pengetahuan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Penjasorkes Siswa SD Negeri Wadingan Wates. UNY
Buku Elektronik
Wijaya, Hengki. dkk. 2014. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar
Wijono, S Tiana. 2014. Be Smart & Hard Worker. PT penerbit IPB press. Bogor