Main Article Content

Abstract

Peningkatan Kemampuan Peserta Didik dalam Menjumlah Angka Bagian dengan Memakai Alat lukisan Besar wilayah di MTs.N 1 Enrekang (dibimbing oleh Usman, dan Muhammad Ahsan). Tujuan riset ini merupakan buat mengenali cara penataran penjumlahan bilangan pecahan dan kemampuan peserta didik, serta pengaruhnya dalam menggunakan media gambar luas daerah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang melibatkan 1 kelas sebagai kelas experimen .dengan metode pengumpulan informasi di maanfaatkan merupakan pemantauan dan tes ( pretest dan post test) kemudian analisis data dengan cara analisis statistik deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS dan analisis statistik inferensial. Untuk menentukan adanya efektif kita menggunakan kriteria yaitu (1) terjadinya peningkatan hasil belajar minimal dalam kategori “sedang” (2) Tercapainya nilai KKM minimal 70, (3) aktivitas murid berada pada kategori “cukup”. Instrumen serta metode pengumpulan informasi yang dipakai dalam riset ialah (1) observasi,(2) tes belajar yang di peroleh dengan menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) hasil uji paired sample t- test buat informasi menunjukan pengaruh peningkatan peserta didik dalam menjumlah bilangan pecahan.(2) hasil uji paired sample tes men unjukan bahwa nilai signifikan pada penelitian ini sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan nilai t-hitung sebesar 9,622 > t-tabel. Hal ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar luas daerah secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan peserta didik kelas VII dalam menjumlahkan bilangan pecahand MTs.N 1 Enrekang.

Article Details

How to Cite
Hasmawati, H., usman, U., & Ahsan. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENJUMLAH BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR LUAS DAERAH DI KELAS VII MTs.N 1 ENREKANG . JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 1(1), 17 -32. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3259

References

  1. Al-Nahlawi, A. (2014). Pembelajara Islam di Rumah. Gema Insani Pers.
  2. Arsyad, A. (2014). Media Pengajaran. Raja Grafindo Persada.
  3. Fathurrohman. (2021). Kemampuan Matematika Pelajar Indonesia Masih Rendah. (Diakses Pada 5 November 2021).
  4. Fatimah. (2010). Matematika Asyik Dengan Model Pemodelan. Mizan.
  5. Fitriani, L. (2019). Pengaruh Media gambar Luas Daerah Terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 133 Bengkulu Utara. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1(1), 1–20.
  6. Irmawati, D. A. (2015). Media Pembelajaran Matematika. Pemeral Edukreatif.
  7. Putri, H. E., & Dkk. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis Dan Pengembangan Instrumennya. UPI Sumedang Press.
  8. Rahmiati, & Pianda, D. (2018). Strategi Dan Implementasi Pembelajaran Matematika Di Depan Kelas. CV Jejak.
  9. Rohmat. (2012). Pilar-Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan. Cipta Media Aksara.
  10. Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech Dan Bisnis, Vol.10(2), 100–115.
  11. Sidji, I. (2017). Penggunaan Gambar Luas Daerah Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Operasi Penjumlahan Bilangan Pecahan SD Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol.1(2), 162–173.
  12. Siregar, S. (2016). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Rajawali Press.
  13. Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Uwais Inspirasi Indonesia.
  14. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
  15. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).
  16. Wende, G. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Negeri Ende. Jurnal Pendidikan, Vol.1(2), 35–48.
  17. Al-Nahlawi, A. (2014). Pembelajara Islam di Rumah. Gema Insani Pers.
  18. Arsyad, A. (2014). Media Pengajaran. Raja Grafindo Persada.
  19. Fathurrohman. (2021). Kemampuan Matematika Pelajar Indonesia Masih Rendah. (Diakses Pada 5 November 2021).
  20. Fatimah. (2010). Matematika Asyik Dengan Model Pemodelan. Mizan.
  21. Fitriani, L. (2019). Pengaruh Media gambar Luas Daerah Terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 133 Bengkulu Utara. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1(1), 1–20.
  22. Irmawati, D. A. (2015). Media Pembelajaran Matematika. Pemeral Edukreatif.
  23. Putri, H. E., & Dkk. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis Dan Pengembangan Instrumennya. UPI Sumedang Press.
  24. Rahmiati, & Pianda, D. (2018). Strategi Dan Implementasi Pembelajaran Matematika Di Depan Kelas. CV Jejak.
  25. Rohmat. (2012). Pilar-Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan. Cipta Media Aksara.
  26. Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech Dan Bisnis, Vol.10(2), 100–115.
  27. Sidji, I. (2017). Penggunaan Gambar Luas Daerah Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Operasi Penjumlahan Bilangan Pecahan SD Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol.1(2), 162–173.
  28. Siregar, S. (2016). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Rajawali Press.
  29. Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Uwais Inspirasi Indonesia.
  30. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
  31. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).
  32. Wende, G. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Negeri Ende. Jurnal Pendidikan, Vol.1(2), 35–48.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'