Penguatan Kompetensi Literasi Digital Guru dan Mahasiswa untuk Desain dan Produksi Konten Pembelajaran

  • Ahmad Zuhudy Bahtiar
  • Ahdar IAIN PAREPARE
  • Muh. Ilham Jaya IAIN PAREPARE
  • Nur Eva Yanti UNM
Keywords: Participatory Action Reseach, Digital Literacy, Canva

Abstract

Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi antara guru, mahasiswa, dan
dosen dalam upaya penguatan kompetensi literasi digital, khususnya untuk mempermudah guru
dalam pembuatan konten pembelajaran. Kegiatan ini terfokus pada bidang pendidikan sebagai
wadah utama pengembangan kompetensi literasi digital. Metode yang diterapkan dalam kegiatan
ini adalah Participatory Action Research (PAR), sebuah pendekatan yang membangun kolaborasi
antara peneliti dan peserta untuk merancang penelitian, mengumpulkan data, dan mengambil
tindakan guna memecahkan masalah sosial. Dalam konteks ini, mahasiswa mendapatkan
bimbingan khusus untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan digital, dengan tujuan
agar mereka dapat menjadi Asisten Mentor Dosen selama pelatihan atau workshop kepada guru.
Pelaksanaan workshop melibatkan guru dalam latihan desain materi ajar melalui slide interaktif
menggunakan Canva, serta pembuatan rekaman video pembelajaran baik melalui Canva maupun
melalui proses shooting di ruang studio. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan
kompetensi literasi digital guru, tetapi juga memberikan kesempatan bagi guru dan mahasiswa
untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan digital mereka. Output yang diharapkan
dari kegiatan ini adalah mampu menghasilkan konten pembelajaran yang inovatif dalam bentuk
slide presentasi interaktif maupun video pembelajaran. Kesuksesan program ini akan tercermin
dari kemampuan guru-guru untuk mengintegrasikan literasi digital ke dalam pembelajaran mereka,
menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan relevan dengan perkembangan teknologi.

Published
2024-01-14
How to Cite
Ahmad Zuhudy Bahtiar, Ahdar, Muh. Ilham Jaya, & Nur Eva Yanti. (2024). Penguatan Kompetensi Literasi Digital Guru dan Mahasiswa untuk Desain dan Produksi Konten Pembelajaran. Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 47-59. https://doi.org/10.35905/dialektika.v2i2.8470