KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA

  • Muhammad Shaleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
  • Muh. Junadri Jamal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
Keywords: Kreativitas guru, Fiqih, Belajar Siswa

Abstract

Tugas dan peran guru dari hari ke hari semakin berat, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi. Guru sebagai komponen utama dalam dunia pendidikan dituntut untuk mampu mengimbangi bahkan melampaui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang dalam masyarakat. Melalui sentuhan guru di sekolah diharapkan mampu menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi tinggi dan siap menghadapi tantangan hidup dengan penuh keyakinan dan percaya diri yang tinggi. Seorang guru harus kreatif dalam pembelajaran karena isi pendidikan umum menyumbang terhadap kehidupan yang kreatif. Kreativitas menunjukkan eksplorasi gagasan-gagasan dan kegiatan baru dan memberikan kepuasan serta dorongan untuk memperluas eksplorasinya. Dalam pembelajaran kreativitas seorang guru dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan yang dimiliknya mengembangkan bakat yang yang ada pada diri siswa serta dapat mempertahankan kompetensi yang ada pada dirinya.Jenis  penelitian  ini  adalah penelitian  deskriptif  kualitatif.  Subjek penelitian  ini  adalah  mahasiswa  PPL, Kepala  Sekolah,  Dosen  Pembimbing, Guru  Pamong. Dalam pembelaiaran metode yang digunakan setiap Guru Fikih berbeda-beda, para guru mempunyai penimbangan sendiri-sendiri dalam pemilihan metode, hal itu didasarkan pada alasan alasan yang hapir sama diantaranya yaitu keadaan siswa, materi pelajaran yang disampaikan, dan penguasaan terhadap metode yang digunakan.

Published
2021-04-22
How to Cite
Shaleh, M., & Jamal, M. J. (2021). KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA. Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15-27. Retrieved from https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/JurnalPAI/article/view/1975