EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri 196 Pinrang. Seorang pendidik harus mampu menciptakan metode dan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan hal ini bertujuan untuk mebangkitkan motivasi siswa dalam belajar dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Subyek penelitian yaitusiswa kelas IV SD Negeri 196 Pinrang. Metode yang digunakan untuk penitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri 196 Pinrang sangat efektif. Hal ini terlihat dari nilai siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) telah tercapai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat efektif.