Section Articles

MEKANISME PELAKSANAAN UNDIAN NASABAH DI BRI CABANG BARRU

reski anugrah
[email protected] (Primary Contact)
Hannani
Ali Rusydi

Main Article Content

Abstract

Undian disebut juga dengan qurʻah yang berarti upaya memilih sebagian pilihan dari keseluruhan pilihan yang tersedia itu memiliki kemungkinan yang sama besarnya untuk terpilih. Undian merupakan upaya yang paling mampu menjauhkan unsur keberpihakan dalam memilih dan dapat dilakukan untuk maksud-maksud yang beragam dan luas, bisa untuk maksud perjudian dan bisa pula untuk maksud-maksud yang jauh sama sekali dari perjudian.


      Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan menggunakan penelitian ini menghasilkan data deskriptif. Metode ini bertujuan untuk menggambarkan secara terperinci dan kemudian menganalisa hasil data yang terkumpul. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan undian dari segi etika ekonomi Islam di BRI Cabang Barru.


                Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Mekanisme pelaksanaan undian nasabah di BRI Cabang Barru telah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan Standar Operasional Perusahaan dan adapun syarat-syaratnya adalah: Memiliki Rekening Simpedes, Saldo mengendap minimal 1 bulan, telah mendapatkan Izin dari Depsos, Penentuan pemenang dilakukan secara komputerisasi, disaksikan oleh pejabat-pejabat, Notaris, Depsos dan pihak Kepolisian; 2). Penerapan etika ekonomi Islam dalam mekanisme pelaksanaan undian nasabah di BRI Cabang Barru dianggap sesuai dengan prinsip-prinsip etika ekonomi Islam yaitu : 1). Prinsip kesatuan (unity), 2). Keseimbangan (equilibrium), 3). Kehendak bebas (freewill), 4). Bertanggung jawab (responsibility), 5). Kebaikan (benevelonce).

Article Details

How to Cite
anugrah, reski, Hannani, & Rusydi, A. (2020). MEKANISME PELAKSANAAN UNDIAN NASABAH DI BRI CABANG BARRU. BANCO: Jurnal Manajemen Dan Perbankan Syariah, 2(2), 17-27. https://doi.org/10.35905/banco.v2i2.1809

References

  1. Abdul Kadir Riyadi dan Ika Yunia Fauzia. 2004. Prinsip Dasar Ekonomi Islam. Jakarta: Penerbit Prenadamedia Group.
  2. Abdullah, Thamrin. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: PT Raja Gramedia Pustaka.
  3. Adi K, Dwi. 2001. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Surabaya: Fajar Mulya.
  4. Ali, Zainuddin. 2011. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika.
  5. Amstrong, dan Philip Kotler. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
  6. Angga Hapsila, dan Ivalaina Astarina. 2015. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
  7. Anwar, Dessy. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia.
  8. Arifin, Zainul. 2002. Dasar- Dasar Management Bank Syariah. Jakarta: Alvabeta.
  9. Azwar, Saifudin. 2000. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Badroen, Faisal. 2006. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta:Kencana.
  11. Badroen, Faisal. 2007. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  12. Bagus, Lorens. 1996. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia.
  13. Dahlan, Abdul Aziz. 1997. Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.
  14. Danim, Sudarman. 2002. Menjadi Penelitian Kualitatif: Ancangan Metodelogi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: CV Pustaka Setia.
  15. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro.
  16. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jawa Barat: PT. Sygma Examedia.
  17. Desriani, Rahmi. 1993. Persepsi akuntan Publiki terhadap kode etik akuntan Indonesia. Tesis S-2, Program Pasca Sarjana UGM Yogyakarta.
  18. Emsir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  19. Faidah, Nisaul. 2010. Tinjauan Hukum Islam terhadap Undian Berhadiah pada Bank BRI Cabang Surabaya. Surabaya: Syari’ah IAIN Sunan Ampel.
  20. Hanifah. 2015. Peranan Hadiah Dalam Produk Tahapan Dana Mandiri Di KJKS Giri Muria Kudus. Semarang: FEBI UIN Walisongo.
  21. Hermawan, Dede. 2009. perlindungan konsumen dalam bisnis undian sms berhadiah studi komparatif fatwa mui dan undang-undang no.8 tahun 1954 tentang perlindungan konsumen dalam Scholar. Yogyakarta: Universitas Negeri Sunan Kaligaja.
  22. Himpunan Fatwa MUI. 2006. Jakarta: Erlangga.
  23. https://anungyulirachmanto.wordpress.com/2016/06/08/sejarah-dan-visi-misi- bank-rakyat-indonesia-bri/ (diakses pada tanggal 25 november 2019).
  24. https://ir-bri.com/misc/OR/2013_CSR_Report.pdf Diakses pada tanggal 25 november 2019.
  25. https://tafsirweb.com/699-surat-al-baqarah-ayat-188.html (1 Oktober 2019).
  26. https://www.moneysmart.id/5-jenis-pinjaman-bri-yang-bisa-jadi-pilihan-saat- butuh-uang/(diakses 25 November 2019).
  27. Ismail. 2018. Manajemen Perbankan dari Teori menuju aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
  28. Karim, Adiwarman A. 2010. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  29. Kasmir. 1998. Bank dan Lembaga Keuangan lainnya. Jakarta: PT Raja Gramedia Pustaka.
  30. Kementerian Agama Republik Indonesia. 1989. Al-qur’an dan Terjemahannya, Semarang: CV.Alwaah.
  31. Kotler, Philip. 2005. Managemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
  32. Madjid, Nurcholis. 1992. Ajaran Nilai Etis dalam Kitab Suci dan Relevansinya bagi Kehidupan Modern. Dalam Islam doktrin dan Peradaban : Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina.
  33. Manan, Muhammad Abdul. 1980. Islamic Economics, Theory and Practice. India: Idarah Adabiyah.
  34. Marzuki. 1983. Metodologi Riset. Yogyakarta: Hanindita Offset.
  35. Muhammad. 2004. Etika Bisnis Islami. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen perusahaan YKPN.
  36. Naqvi, Syed Nawab Haider. 2009. Menggagas Ilmu Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  37. Nasution, Mustafa Edwin. 2006. Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.
  38. Pasal 1 ayat (1). Peraturan Menteri Sosial Nomor 14A tentang izin Undian.
  39. Pengkajian dan pengembangan ekonomi Islam (P3EI). 2012. Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali pers.
  40. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
  41. Saud, Mahmud Abu. 1996. Garis Besar Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
  42. Shofyana, Lina. 2015. Pelaksanaan Program Undian Berhadiah di BPRS PNM Binama Semarang ditinjau dari Fatwa DSN. Semarang: FEBI UIN Walisongo.
  43. Sholahuddin, Muhammad. 2014. Lembaga Keuangan dan Ekonomi Islam. Yogyakarta: Ombak.
  44. Suhendi, Hendi. 2008. Fiqh Muamalah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  45. Susanto, dan Philip Kotler. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Macana Jaya Cemerlang.
  46. Sutedi, Adrian. 2009. Perbankan Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia.
  47. Sutopo, H.B. 2002. Pengantar Metodelogi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
  48. Syukur, Abdullah. 1987. Kumpulan Makalah “Study Implementasi Latar Belakang Konsep Pendekatan dan Relevansinya Dalam Pembangunan. Ujung Pandang: Persadi.
  49. Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penelitian Karya Ilmiah. Parepare: STAIN Pare pare.
  50. Triyuwono, Iwan. 2000. Organisasi dan Akuntansi Syari’ah. Yogyakarta: LKIS.
  51. Usma, Husaini. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  52. Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.
  53. Widyaningsih. 2005. Bank dan Asuransi Islam di Indonesia. Jakarta: Badan Penerbit FHUI.