Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the application of merchandise inventory management and to determine the efforts made in anticipating the loss of merchandise at Mega Jilbab Stores. The type of research used is field research using a qualitative approach and as a source of informants in this study, namely the owner of the Mega Jilbab and the Employees. The results showed that the Mega Jilbab Shop had not implemented inventory management optimally. This can be seen from the absence of special consideration by the owner in providing merchandise that will be marketed on weekdays. The owner only considers the needs of the community which are expected to increase ahead of holidays such as Eid al-Fitr and Eid al-Adha, where the owner provides a larger number of goods than usual. To re-order, the owner orders goods from the Mega Jilbab Shop which is a branch businesses that produce goods and for goods that cannot be produced independently, the owner orders goods at the sultan's shop Tanah Abang Jakarta
Keywords
Article Details
References
- Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung. : PT Remaja Rosdakarya Offset.
- Atmaja, Lukas Setya. Teori dan Praktik Manajemen Keuangan. Jogyakarta. Andi.
- Desi. 2018. Karyawan Toko Mega Jilbab, Wawancara dilakukan penulis di Watampone pada tanggal 18 Juli..
- Eka. 2018. Karyawan Toko Mega Jilbab, Wawancara dilakukan penulis di Watampone pada tanggal 18 Juli.
- Fahmi, Irham, 2012. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung. Alfabeta.
- Fahmi, Irham. 2011. Manajemen Risiko. Bandung, Alfabeta.
- Gunawan, Imam . 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
- Hasan, Ali. 2009. Manajemen Bisnis Syariah. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Hery. 2013. Akuntansi Jasa dan Dagang. Jogyakarta. Penerbit Gava Media.
- Ibnu Sukotjo, Basu Swastha.2007. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta. Liberty.
- Ida. 2018. Karyawan Toko Mega Jilbab, Wawancara dilakukan oleh penulis di Watampone pada tanggal 15 Agustus.
- Ika. 2018. Karyawan Toko Mega Jilbab, Wawancara dilakukan penulis di Watampone pada tanggal 18 Juli.
- Jusmaliyani, dkk.2008. Bisnis Berbasis Syariah. Jakarta. Bumi Aksara.
- Kasmir. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta. Kencana.
- Najmudin. 2011. Manajemen Keuangan dan Akuntansi Syar’iyyah Modern. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung. Diponegoro.
- Nia. 2018. Karyawan Toko Mega Jilbab, Wawancara dilakukan penulis di Watampone pada tanggal 18 Juli.
- Ratilima, Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: IKAPI..
- Ristono, Agus. 2009. Manajemen Persediaan. Yogyakarta. Graha Ilmu.
- Riyanto, Bambang. 2013. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta. BPFE.
- Sartono, Agus. 2001. Manajemen Keuangan:Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. BPFE.
- Supardi. 2015. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta. UII Press.
- Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi .
- Utami, Christina Widya. 2012. Manajemen Ritel. Jakarta. Salemba Empat.
- Widiasa, Ketut. 2015. “Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagangan pada Ud Tirta Yasa”. E-journal S1 AkUniversitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, Vol. 3, No.1.
- Wildana, Titi. 2018. Pemilik Toko Mega Jilbab, Wawancara dilakukan oleh penulis di Watampone pada tanggal 15 Agustus.