Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Strategi Marketing Funding dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank BNI Syariah Parepare. Strategi pada suatu bank merupakan hal yang sangat penting karena dengan adanya strategi yang baik akan mempermudah pekerjaan utamanya bagi seorang marketing funding dimana seorang marketing funding bertanggung jawab untuk meningkatkan jumlah nasabah bank. Terkait dengan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Marketing Funding dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank BNI Syariah Parepare..
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, sumber data penelitian yaitu data primer merupakan data yang diperoleh langsung di lapangan berdasarkan wawancara dengan informan yakni dengan nasabah dan karyawan funding Bank BNI Syariah Parepare dan data sekunder diperoleh dari beberapa sumber pendukung seperti buku, jurnal dan sumber data lainnya yang terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori strategi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, implementasi dan evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan strategi yang dilakukan marketing funding dalam meningkatkan jumlah nasabah di BNI Syariah Parepare adalah dengan menentukan tujuan sasaran terlebih dahulu, adapun tujuan sasaran dari marketing funding BNI Syariah Parepare adalah Instansi dan Nasabah perorangan. 2) Implementasi strategi yang dilakukan marketing funding untuk mencapai tujuan sasaran tersebut adalah dengan melakukan sosialisasi ke istansi dan untuk nasabah perorangan dilakukan dengan cara melakukan kunjungan langsung door to door untuk meperkenalkan produk BNI Syariah. 3) Evaluasi strategi yang dilakukan marketing funding di BNI Syariah Parepare adalah dengan meninjau faktor internal dan eksternal, menilai kinerja yang telah dilakukan dengan melihat pencapaian target apakah target tersebut dapat dicapai dan terus mengalami peningkatan atau tidak dan jika tidak tercapai maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan tindakan perbaikan salah satunya yang dilakukan adalah dengan terus meningkatkan produk dan program bank syariah sehingga mampu untuk menarik minat masyarakat.
Article Details
References
- A’yun, Q. A. N., Latifah, F. N., & Maika, M. R. (2021). PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH FUNDING PADA BMT MADANI SEPANJANG. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(6). https://doi.org/10.20473/vol8iss20216pp808-820
- Abdurrahman, Nana Herdiana dan Achmad Sanusi. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Cv
- Pustaka Setia.
- Bosshard, E., Jansen, M., Löfqvist, S., & Kettle, C. J. (2021). Rooting Forest Landscape Restoration in Consumer Markets—A Review of Existing Marketing-Based Funding Initiatives. In Frontiers in Forests and Global Change (Vol. 3). https://doi.org/10.3389/ffgc.2020.589982
- Fachryana, F. A.-H. (2020). Manajemen Risiko Strategis Bank Syariah. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan
- Dan Akuntansi, 1(2).
- Fatmariyah, F., Ritonga, I., Latifah, L., & AS, F. (2021). Praktek Relationship Marketing dalam Menciptakan
- Loyalitas pada Perbankan Syariah Indonesia :Systematic Literature Review. Jurnal Studi Manajemen Dan
- Bisnis, 8(2). https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i2.12912
- Hasibuan, A. N. (2018). the Funding Product Marketing Strategy At Pt . Bpr Sharia. Jurnal Imara, 2.
- Kartia, D. G., Senjiati, I. H., & H, Y. R. (2020). Analisis Pengukuran Kinerja Sales-Funding Officer dalam Kegiatan Pemasaran Produk Tabungan Haji Mabrur BSM di Bank Syariah Mandiri (BSM) KC Ahmad Yani Kota Bandung melalui Metode Balance Scorecard. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.29313/syariah.v0i0.19435
- Mamik. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Jawara
- Maslihatiddiniyah, V., & Rachmawati, L. (2020). PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MARKETING FUNDING DI BANK MUAMALAT SURABAYA. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3). https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p126-140
- Musfiroh, M. F. S., Rifai, M., & Diana, N. (2019). Analisis Strategi Marketing Funding di Bank BRISyariah
- KC Purwokerto. SYARIATI, 5(02). https://doi.org/10.32699/syariati.v5i02.1199
- Nurcahyo, R. J. (2015). Keterkaitan Visi, Misi, Dan Values Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Kulit
- “Dwi Jaya.” Jurnal Khasanah Ilmu, 6(2).
- Nursam, N. (2017). Manajemen Kinerja. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2). https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.438
- Nofriansyah, Denny. (2018). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:Deepublish.
- Putri R, A., Effendi, U., & Effendi, M. (2015). Analisis perencanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan konsumen dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Industria, 4(1).
- Ramadianty, D., & Aini, E. K. (2018). Pengaruh motivasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan gen-x dan millenials (Studi pada karyawan PT. Temprina Media Grafika Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(2).
- Sholikin, E. R., Muhyidin, S., & Pratiwi, I. E. (2021). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH. EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(1). https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v1i1.88
- Sjahdeini, Sutan Remy. (2015). Perbankan Syariah Produk-produk dan Aspek-aspek Hukumnya. Jakarta:
- Prenamedia Group.
- Suadi. (2021). Evaluasi dan Pengendalian Strategi Organisasi. Jurnal Studi Pendidikan Islami.
- Sulistiyaningsih, N., & Shultan, S. T. A. (2021). Potensi Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam Upaya
- Peningkatan Perekonomian Nasional. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam, 24(1). Sultoni, H., & Mardiana, K. (2021). Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah BUMN Terhadap Perkembangan
- Ekonomi Syariah. Jurnal Eksyar : Jurnal Ekonomi Syariah, 08(01).
- Www.ojk.go.id. (2021). Pengertian Bank. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
References
A’yun, Q. A. N., Latifah, F. N., & Maika, M. R. (2021). PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH FUNDING PADA BMT MADANI SEPANJANG. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(6). https://doi.org/10.20473/vol8iss20216pp808-820
Abdurrahman, Nana Herdiana dan Achmad Sanusi. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Cv
Pustaka Setia.
Bosshard, E., Jansen, M., Löfqvist, S., & Kettle, C. J. (2021). Rooting Forest Landscape Restoration in Consumer Markets—A Review of Existing Marketing-Based Funding Initiatives. In Frontiers in Forests and Global Change (Vol. 3). https://doi.org/10.3389/ffgc.2020.589982
Fachryana, F. A.-H. (2020). Manajemen Risiko Strategis Bank Syariah. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan
Dan Akuntansi, 1(2).
Fatmariyah, F., Ritonga, I., Latifah, L., & AS, F. (2021). Praktek Relationship Marketing dalam Menciptakan
Loyalitas pada Perbankan Syariah Indonesia :Systematic Literature Review. Jurnal Studi Manajemen Dan
Bisnis, 8(2). https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i2.12912
Hasibuan, A. N. (2018). the Funding Product Marketing Strategy At Pt . Bpr Sharia. Jurnal Imara, 2.
Kartia, D. G., Senjiati, I. H., & H, Y. R. (2020). Analisis Pengukuran Kinerja Sales-Funding Officer dalam Kegiatan Pemasaran Produk Tabungan Haji Mabrur BSM di Bank Syariah Mandiri (BSM) KC Ahmad Yani Kota Bandung melalui Metode Balance Scorecard. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.29313/syariah.v0i0.19435
Mamik. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Jawara
Maslihatiddiniyah, V., & Rachmawati, L. (2020). PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MARKETING FUNDING DI BANK MUAMALAT SURABAYA. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3). https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n3.p126-140
Musfiroh, M. F. S., Rifai, M., & Diana, N. (2019). Analisis Strategi Marketing Funding di Bank BRISyariah
KC Purwokerto. SYARIATI, 5(02). https://doi.org/10.32699/syariati.v5i02.1199
Nurcahyo, R. J. (2015). Keterkaitan Visi, Misi, Dan Values Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Kulit
“Dwi Jaya.” Jurnal Khasanah Ilmu, 6(2).
Nursam, N. (2017). Manajemen Kinerja. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2). https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.438
Nofriansyah, Denny. (2018). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:Deepublish.
Putri R, A., Effendi, U., & Effendi, M. (2015). Analisis perencanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan konsumen dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Industria, 4(1).
Ramadianty, D., & Aini, E. K. (2018). Pengaruh motivasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) karyawan gen-x dan millenials (Studi pada karyawan PT. Temprina Media Grafika Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(2).
Sholikin, E. R., Muhyidin, S., & Pratiwi, I. E. (2021). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH. EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(1). https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v1i1.88
Sjahdeini, Sutan Remy. (2015). Perbankan Syariah Produk-produk dan Aspek-aspek Hukumnya. Jakarta:
Prenamedia Group.
Suadi. (2021). Evaluasi dan Pengendalian Strategi Organisasi. Jurnal Studi Pendidikan Islami.
Sulistiyaningsih, N., & Shultan, S. T. A. (2021). Potensi Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam Upaya
Peningkatan Perekonomian Nasional. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam, 24(1). Sultoni, H., & Mardiana, K. (2021). Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah BUMN Terhadap Perkembangan
Ekonomi Syariah. Jurnal Eksyar : Jurnal Ekonomi Syariah, 08(01).
Www.ojk.go.id. (2021). Pengertian Bank. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).