Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 2 Parepare

  • Muhammad Ikram IAIN Parepare
Keywords: Manajemen, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan suatu usaha satuan pendidikan dalam mengelola kurikulum pendidikannya, mengingat kurikulum sebagai jantungnya pendidikan maka sangat perlu adanya pengelolan kurikulum tersebut. Pengelolaan kurikulum dimulai dari perencenaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulum agar dapat menciptakan kurikulum yang efektif dan efisien bagi satuan pendidikan. Kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum baru yang diterapkan dalam dunia pendidikan Indonesia dimana proses pembelajarannya difokuskan pada pembelajaran intrakulikuler dan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila serta memperhatikan bakat dan minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, kurikulum ini diharapkan dapat menjadi angin segar bagi perubahan pendidikan khususnya di Indonesia.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Parepare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif Deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Parepare sudah berjalan dengan baik dimana kepala sekolah menyiapkan berbagai persiapan mulai dari penyusunan KOSP, perangkat ajar dan pelatihan kompetenai guru-guru di SMP Negeri 2 Parepare. 2) Pengorganisasian kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Parepare telah dilakukan dengan baik mulai dari pembagian jam pelajaran maupun penentuan mata pelajaran bagi peserta didik. 3) Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Parepare dilaksanakan dengan pembelajaran intrakulikuler dan kokulikuler yang berbasis diferensiasi dimana proses pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. 4) Evaluasi kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Parepare dilakukan dengan penyusunan asesmen pembelajaran sebagai bahan evaluasi dalam minilai keberhasilan proses belajar mengajar bagi peserta didik di SMP Negeri 2 Parepare.

Dari hasik penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Parepare sudah berjalan dengan baik.

Published
2023-09-18