Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan E-learning di MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang dalam meningkatkan hasil belajar IPA Kelas VIII di MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, dimana dalam setiap siklusnya dilakukan dengan 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.D MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang yang berjumlah 25 orang Peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa Pembelajaran E-learning di MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang masih tidak berjalan maksimal, karena kebanyakan guru hanya memberikan materi di group whatsApp dan menyuruh peserta didik untuk mencatat dan membaca materi tersebut, hal ini menyebabkan E-learning madrasah jarang digunakan.Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik, pada tahap pra tindakan hasil rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah sebanyak 58.2 dengan presentase 40% pada siklus I Sebanyak 80.6 dengan presentase sebanyak 72% pada siklus II sebanyak 91.46 dengan presentase sebanyak 88%.Penggunaan media pembelajaran E-learning dalam proses pembelajaran efektif dalam peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Sidenreng Rappang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan sebanyak 13.5%. hasil belajar peserta didik pada tahap pra tindakan dan Siklus I mengalami peningkatan sebanyak 32% sedangkan pada tahap Siklus I dan Siklus II meningkat sebanyak 16%.