Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPA menggunakan model discovery learning, (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Patampanua menggunakan model pembelajaran discovery learning, (3) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Patampanua. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuantitatif one group pre-test dan post-tes desig. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes yang digunakan menggunakan tes objektif yang berisi pilihan ganda dan teknik non tes yang digunakan berupa lembar observasi yang dilakukan mengenai aktivitas proses pembelajaran diikelas.


Pada hasil uji hipotesis menggunakan One Sample T-Test diperoleh thitung= 13,858 sedangkan ttabel = 1,703, sehingga thitung  >  ttabel. Dengan demikian maka H1 diterima dan Ho ditolak. Sehingga penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik . hal ini dinyatakan  dalam (1) nilai keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,2%  dan termasuk pada kategori “Sangat Tinggi”, (2) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran discovery learning mengalami peningkatan yaitu 10 peserta didik mendapatkan nilai pada kategori “baik” dimana sebelumnya tidak ada peserta didik yang mendapat nilai baik, (3) model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik karena persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik setelah perlakuan lebih besar dari tidak tuntas yaitu 78,5%. Hasil penelitian ini ditujukan kepada sekolah, tenaga pendidik, dan peneliti lain.

Keywords

Discovery learning, Hasil belajar, IPA

Article Details