Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui minat belajar kelas VII di MTs Negeri Parepare pada pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Learning by Games. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.2 MTs Negeri Parepare yang berjumlah 30 orang peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif. Hasil analisis data penelitian data minat belajar peserta didik kelas VII.2 MTs Negeri Parepare termasuk dalam kategori siswa yang berminat dengan jumlah responden sebanyak 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan angket minat belajar pada 30 orang peserta didik, diperoleh hasil perhitungan minat dengan kategori peserta didik yang sangat berminat sebanyak 3 orang (10%), peserta didik yang berminat sebanyak 8 orang (27 %), peserta didik yang cukup berminat sebanyak 12 orang (40%), peserta didik yang kurang berminat sebanyak 7 (23%), dan peserta didik yang tidak berminat tidak ada (0%).

Keywords

Model Pembelajaran Learning By Games, Minat Belajar, Pembelajaran IPA

Article Details