Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persentase efektivitas komunikasi antara dosen dan mahasiswa IAIN Parepare dalam melaksanakan pembelajaran Hybrid dengan Asyncronous Method. Fokus penelitian ini yaitu efektivitas komunikasi model pembelajaran Hybrid dengan Asyncronous Method berdasarkan proses penyampaian informasi atau materi yang disampaikan oleh dosen dan pemahaman mahasiswa serta interaksi dosen dan mahasiswa menggunakan media pembelajaran.


Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif yang berfokus pada efektifivitas komunikasi pembelajaran hybrid dengan asyncronous method mahasiswa dan dosen IAIN Parepare. Total populasi dari IAIN Parepare adalah dosen sebanyak 213 orang dan mahasiswa aktif sebanyak 7.111 orang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan rumus Slovin dalam menentukan sampel yang akan digunakan. Jumlah sampel dari total dosen dan mahasiswa IAIN Parepare  adalah 139 orang dosen dan 379 orang mahasiswa.


Hasil penelitian menujukkan bahwa efektivitas komunikasi antara dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran Hybrid dengan Asyncronous Method di IAIN Parepare dari perhitungan komulatif mahasiswa masuk kategori sedang yaitu 3.622 dan perhitungan komulatif dosen masuk kategori tinggi yaitu 1.586. Hasil menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yakni Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Hybrid dengan Asyncronous Method di IAIN Parepare dinyatakan efektif.

Article Details

How to Cite
Djalil, W. K. (2024). Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Hybrid Dengan Asynchronous Method . KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah, 14(2), 144-171. https://doi.org/10.35905/komunida.v14i2.3375

References

  1. Arnus, S. H. (2015). Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi. Al-Munzir, 8(2), 275–289. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-munzir/article/view/744/680
  2. Assyfa Putri, A. N., & Irwansyah, I. (2021). Efektivitas Komunikasi Dalam Pembelajaraan Online. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.184
  3. Bungin, B. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.
  4. Dian Prasati, P. (2021). Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1).
  5. Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronous dan Asynchronous Dalam E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2).
  6. Farkhatun, U. (2021). Model Pembelajaran Hybrid Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka. Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
  7. Hafied Cangara. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.
  8. Hanifah, W., & Putri, K. Y. S. (n.d.). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikai Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018.
  9. Hanifah, W., & Putri, K. Y. S. (2020). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. III(Ii), 24–35.
  10. Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
  11. Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2013). Implementasi Model Hybrid Learning Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Statistika Ii Di Prodi Manajemen FPEB UPI. Jurnal Penelitian Pendidikan LPPM Universitas Pendidikan Indonesia.
  12. Herwanto, S., & Hatmo, D. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring The Impact of The Covid-19 Pandemic on The Online Distance Learning Effectiveness. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2).
  13. Holmes, D. (2005). Communication theory: Media, technology, society. In Communication Theory: Media, Technology, Society. https://doi.org/10.4135/9781446220733
  14. Kapriadi, P. R. (2020). Implementasi Computer Mediated Communication dalam Digital Staffing Berbasis Mobile Application dan Online Platform di Perusahaan Startup. (“POLA KOMUNIKASI CIVITAS AKADEMIK DALAM RUANG VIRTUAL DI MASA ADAPTASI ...”) Jurnal.unhas.ac.id/index.php/kareba, 9, 382–399.
  15. Kotler, P. (2016). Marketing Management. Erlangga.
  16. Mahrita, A., & Aulia Rakhman, F. (2021). Efektivitas Hybrid Method (Metode TMa dan IK) pada Pembelajaran Daring untuk Mata Kuliah Statistik. Edunomics Journal, 2(2), 56–63.
  17. Mahrita, A., & Rakhman, F. A. (2021). Efektivitas Hybrid Method ( Metode TMa dan IK ) pada Pembelajaran Daring untuk Mata Kuliah Statistik. 2(2), 56–63.
  18. Onong Uchjana Effendy. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.
  19. Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Sarnu Untung.
  20. Prasasti, P. D., & Sciences. (2021). Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 212–222.
  21. Pratiwi, F. D. (2014). (CMC) Dalam Perspektif Komunikasi Lintas Budaya (Tinjauan Pada Forum Diskusi Soompi Empress Ki TaNyang Shipper). Jurnal Komunikasi Profetik, 7(1), 29–44.
  22. Rachmat Kriyantono. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media. Kencana Prenada Media Group.
  23. Rachmat Kriyantono. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media.
  24. Rachmat Kriyantono, Wood, D., & Balnaves, M. (2010). Social Constructionist And Critical Approaches To Crisis Management. İbrahim Güran Yumuşak, 1991–2006.
  25. Rahmatiah, D. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Metode Asynchronous Learning di UPT SPF SMP Negeri 53 Makassar. In Jurnal Konsepsi (Vol. 10, Nomor 2). https://p3i.my.id/index.php/konsepsi
  26. Santriana. (2021). Pengaruh Pembelajaran Asynchronous Online Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem Kelas X Sma Muhammadiyah Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
  27. Setianto, B. D. (2020). Unika dalam Wacana Publik: Gegara Pan(dem)ik: Terhimpit untuk Melejit. SCU Knowledge Media.
  28. Shadiqien, S., Islam, U., Muhammad, K., & Al-Banjari Banjarmasin, A. (2020). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI VIRTUAL PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin). MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1).
  29. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kombinasi. In Alfabeta. CV. Alfabeta.
  30. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
  31. Tim Penyusun. (2021). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Program Pascasarjana IAIN Parepare.
  32. Wahyuningtias, D. (2015). Pengaruh Frekuensi Akses Bbm, Path, Facebook Terhadap Intensitas Komunikasi Antar Pribadi. Jurnal Ilmiah S1 Ilmu Komunikasi. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-