PERBANDINGAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA

  • Irma Rahmayanti IAIN Parepare
Keywords: Communication, education, build character

Abstract

Communication is aprocess whereby a person or several people, groups, organizations, and society related information in order to connect with the environment and other poeple. Educationis the internalization of values in the process of human development which has implications for the formation of character which leads to human behavior. Building character is an effort to imrpove, foster, and shape character so that later they are born as human beings with good character. Communication is a method in the process of character building, meaning that in building character, effective communication is needed. This paper describe a comparison of the effectiviteness of communication between parents and teachers in building student character, especially for fifth grade students at sdn 11 Parepare.   

References

Abdul Wahid (2015). Konsep orang tua dalam membangun kepribadian anak. Jurnal Paradigma Institut, 1(1).
Astuti, B., & SI, M. (2016, December). Komunikasi Efektif dalam Penguatan Karakter Peserta Didik. In Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN Yogyakarta II (Vol. 20).
Darosy Endah (2011). Peran keluarga dalam membangun karakter anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144-152.
Fitriana, A. D. (2023). Pola Kendali Komunikatif Pembina Dalam Meningkatkan Kepatuhan Aturan Mahasiswa Ma’had Al Jamiah IAIN Parepare. Journal of Media and Communication Studies, 1(2), 91-101.
H. Munzier Suparta & Harjani Hefni, dkk, Metode Dakwah, hlm. 242 dalam Sitompul, M. A. (2021). Pemberian nasehat orangtua dalam membentuk perilaku anak di Desa Tatengger Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Haramain, M., & Aminah, S. (2021). Peaceful Da’wah and Religious Conflicts in Contemporary Indonesia. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 14(2), 208-223.

Herman, dalam A. Hasan Saragih. “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar” Juni 2008
Hilmiyah, M. H., Masyhur, Z., Arif, F. M., & Fitriana, A. D. (2024). Pernikahan Beda Agama pada Pemberitaan di Portal Berita Online (Studi pada Detik. com, Republika. co dan Kompas. com). KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 17(1), 67-85.

Jamal dalam Rina Palunga dan Marsuki. “Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Sekolah Mengangah Pertama negeri 2 depok sleman”. April 2017


Leonard sen dalam Adrianus Meliala “Antara menghukum atau mempermalukan suatu upaya memodifikasi perilaku( pengalaman 6 SMU Di Depok ).” 2004. Universitas Indonesia
Mulyad dalam A. Gafar Hidayat, Tati “Peran Guru Profesional dalam membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maju Laho Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.” 1 Januari- Juni 2019. STKIP Taman Siswa Bima

Mulyawan, I., and I. Arsana. "STRATEGI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM PENDIDIKAN KARAKTER." (2019): 143-158.

Mulyasa dalam Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Ips, 9(1), 15-28.
Mutmainnah, A. N., & Islam, N. (2019). Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku dan Intensitas Komunikasi Keluarga (Studi Kasus Kecamatan Soreang Kota Parepare). KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, 9(2), 143-160.

Nisa, H. (2016). Komunikasi yang efektif dalam pendidikan karakter. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan, 10(01), 49-63.
QURROTU AYUN. 2017. METODE PENGASUHAN DALAM
POLA ASUH ORANG TUA DAN MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK. IAIN Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia




Maunah (2015) dalam Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-302.
Qadaruddin, M., Afiah, N., & Suhartina, S. (2018). Strategy of Da'wah Communication in Coping Family Problems in Parepare City. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(2), 214-228.
Safitri, J., Fasira, E., Ayub, M., Dafid, D., Fitriana, A. D., & Hayat, N. (2022). The Effectiveness of Social Media Facebook IAIN Parepare in Providing Information to Prospective New Students at Sman 3 Parepare. Palakka: Media and Islamic Communication, 3(1), 49-62.
Published
2024-08-08