Vol. 5, No 2 (2023)
Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Dengan senang hati, kami persembahkan Jurnal Balanca: Ekonomi dan Bisnis Islam Volume 5, Nomor 2 tahun 2023 kepada pembaca terhormat. Edisi ini memuat lima artikel yang menggali berbagai aspek ekonomi dan bisnis Islam dengan mendalam. Para penulis yang mengambil bagian dalam edisi ini berasal dari beragam Perguruan Tinggi, termasuk IAIN Parepare, IAI DDI Sidenreng Rappang, Universitas Islam Indonesia, STAI Al-Azhar Gowa, Universitas Muhammadiyah Parepare, Universitas Negeri Surabaya, dan UIN Alauddin Makassar. Terima kasih kepada semua penulis yang telah memberikan kontribusi berharga. Semoga artikel-artikel ini dapat memperkaya diskusi dan memajukan pemahaman lebih lanjut tentang ekonomi dan bisnis Islam. Apakah ada artikel tertentu yang menarik perhatian Anda dari edisi ini?

Published: Dec 25, 2023

Vol. 5, No 1 (2023)
Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Dengan sukacita, kami persembahkan Jurnal Balanca: Ekonomi dan Bisnis Islam Volume 5, Nomor 1 tahun 2023 kepada pembaca terhormat. Edisi ini menghadirkan lima artikel yang merangkum berbagai aspek ekonomi dan bisnis Islam. Artikel-artikel ini mengulas refleksi kritis tentang implementasi murabahah, akses informasi dan preferensi perbankan syariah, hubungan antara kompetensi kerja dan pengembangan karier, serta pengaruh faktor ekonomi makro pada laba operasional bank syariah. Terakhir, analisis dampak biaya produksi pada laba bersih di PT. Aneka Tambang Tbk. Terima kasih kepada para penulis yang telah berkontribusi. Semoga artikel-artikel ini memicu diskusi bermanfaat dan memajukan pemahaman tentang ekonomi dan bisnis Islam.

Published: Jul 1, 2023

Vol. 4, No 2 (2022)
Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Dengan bangga, kami mempersembahkan Jurnal Balanca: Ekonomi dan Bisnis Islam Volume 4, Nomor 2 tahun 2022 kepada pembaca kami yang terhormat. Edisi ini menghadirkan lima artikel yang menggali berbagai aspek ekonomi Islam. Artikel-artikel tersebut mencakup konsep nilai tukar uang dari perspektif ekonomi Islam, analisis potensi pasar tradisional dalam mendukung perekonomian daerah, serta kelayakan usaha pangkalan gas LPG Tri Putra di Kota Parepare. Jurnal ini juga membahas perilaku konsumtif dari perspektif ekonomi Islam di masa pandemi Covid-19, dan dampak marketing mix terhadap minat beli konsumen Muslim pada platform Shopee, dengan studi kasus mahasiswa dari Darussalam Gontor Kampus Robithoh. Para penulis yang berkontribusi berasal dari tiga perguruan tinggi, yakni IAIN Parepare, UIN Alauddin Makassar, dan Universitas Darussalam Gontor, memberikan sudut pandang yang beragam dan berharga dalam ranah ekonomi dan bisnis Islam.

Published: Dec 4, 2022

Vol. 4, No 1 (2022)
Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Kami dengan antusiasme menghadirkan Jurnal Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Volume 4, Nomor 1 tahun 2022. Edisi ini memaparkan lima artikel yang menjelajahi beragam aspek dalam ekonomi dan bisnis Islam. Artikel pertama mengulas pemahaman mahasiswa Muamalah di IAIN Parepare tentang asuransi syariah, sementara artikel kedua membahas mekanisme zakat fitrah di Masjid Al-Ikhlas Pawosoi. Artikel ketiga menyoroti perkembangan logistik halal, artikel keempat mengulas prinsip pasar uang syariah berdasarkan fatwa DSN-MUI, dan artikel kelima mengkaji pengaruh faktor ekonomi makro pada laba operasional bank syariah. Terima kasih kepada semua penulis yang berkontribusi, semoga jurnal ini memberikan wawasan berharga kepada pembaca.

Published: Jun 1, 2022

Vol. 3, No 2 (2021)
BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Dengan sukacita, kami persembahkan Jurnal Balanca: Ekonomi dan Bisnis Islam Volume 3, Nomor 2 tahun 2021 kepada pembaca terhormat. Kami berhasil merangkum hasil penelitian dari berbagai lembaga pendidikan, seperti IAIN Parepare, IAIN Bone, UMI Makassar, UIN Raden Intan Lampung, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan STIE Maju Makassar. Tujuh artikel dalam jurnal ini membahas beragam topik ekonomi dan bisnis Islam, termasuk penerapan etos kerja Islami di Bank Syariah Mandiri, etika bisnis dalam perdagangan sapi, integrasi sikap positif dan pelayanan prima untuk mencapai Good Government Governance, analisis ekonomi Islam terhadap pembulatan harga di usaha jasa laundry, serta dampak motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di masa pandemi Covid-19. Artikel-artikel ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman dan pengembangan praktik bisnis sesuai prinsip-prinsip Islam.

Published: Jun 12, 2022

Vol. 3, No 1 (2021)
BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Dengan sukacita, kami persembahkan Jurnal Balanca: Ekonomi dan Bisnis Islam Volume 3, Nomor 1 tahun 2021 kepada pembaca terhormat. Edisi ini menghadirkan tujuh artikel yang mencakup berbagai aspek ekonomi dan bisnis Islam. Dalam publikasi ini, beberapa artikel mengeksplorasi perbandingan kinerja reksadana saham syariah dan konvensional, serta pengaruh ROA dan ROE terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Selain itu, jurnal ini juga membahas pemberdayaan ekonomi umat melalui peningkatan produksi dalam sistem ekonomi Islam (HAR), efektivitas seminar pasar modal syariah terhadap minat investasi generasi milineal, dan strategi fundraising pada lembaga amil zakat infaq sedekah Muhammadiyah Kota Batu. Artikel lainnya mengeksplorasi akuntabilitas berbasis syariah enterprise theory untuk mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan, serta peran mediasi commitment, Islamic customer intimacy, dan kepuasan dalam hubungan kepercayaan terhadap loyalitas. Terima kasih kepada para penulis yang telah berkontribusi pada pengetahuan dan pemahaman kita tentang ekonomi dan bisnis Islam.

Published: Nov 26, 2021

Vol. 2, No 2 (2020)
BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Published: May 3, 2021

Vol. 2, No 1 (2020)
Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Published: Jun 7, 2020

Vol. 1, No 2 (2019)
BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Published: Dec 20, 2019

Vol. 1, No 1 (2019)
Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Published: Jun 15, 2019