Vol. 2, No 2 (2023)
Al Rikaz: Jurnal Ekonomi Syariah

Published: Jul 4, 2024

Vol. 2, No 1 (2023)
Al Rikaz: Jurnal Ekonomi Syariah

Dengan penuh semangat, kami hadirkan Jurnal Volume 2, Nomor 1 tahun 2023 kepada para pembaca. Edisi ini menyajikan lima artikel yang mencakup berbagai aspek ekonomi syariah yang relevan. Mulai dari Simbiosis Mutualisme: Hkum Islam dan Perbankan Syariah, Sistem Pungutan Denda Pajak Kendaraan Bermotor Perspektif Ekonomi Islam, Pengaruh Biaya Produksi terhadap Pendapatan Petani Jagung Analisis Ekonomi Islam, Penetapan Harga Menurut Ibnu Taimiyah. Artikel-artikel ini juga membahas Pasar: Antara Persaingan dan Etika. Terima kasih kepada para penulis yang berkontribusi, kami berharap jurnal ini mencerahkan dan mendorong diskusi berarti tentang ekonomi syariah.

Published: Nov 14, 2023

Vol. 1, No 2 (2022)
Al Rikaz: Jurnal Ekonomi Syariah

Dengan penuh semangat, kami hadirkan Jurnal Volume 1, Nomor 2 tahun 2022 kepada para pembaca. Edisi ini menyajikan lima artikel yang mencakup berbagai aspek ekonomi syariah yang relevan. Mulai dari distribusi pendapatan nelayan berdasarkan ekonomi Islam, pengaruh diskon terhadap perilaku pembelian impulsif, hingga analisis sistem pengelolaan bantuan tunai dalam menghadapi dampak Covid-19. Artikel-artikel ini juga membahas kontribusi pajak dari usaha rumah makan terhadap pendapatan daerah. Terima kasih kepada para penulis yang berkontribusi, kami berharap jurnal ini mencerahkan dan mendorong diskusi berarti tentang ekonomi syariah.

Published: Aug 17, 2023

Vol. 1, No 1 (2022)
Al Rikaz: Jurnal Ekonomi Syariah

Dengan sukacita kami mempersembahkan Jurnal Volume 1, Nomor 1 tahun 2022 kepada para pembaca. Dalam edisi ini, kami menghadirkan lima artikel yang mendalam dan bervariasi dalam bidang ekonomi syariah. Artikel pertama membahas prospek pengembangan lembaga keuangan mikro syariah di Kota Parepare, diikuti oleh konsep etos kerja dalam perspektif ekonomi Islam. Artikel ketiga menawarkan solusi dalam mengatasi masalah jual beli dropshipping dari sudut pandang ekonomi syariah. Kemudian, pengaruh pelayanan kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan di PT. Pos Indonesia (Persero) Parepare menjadi fokus artikel keempat. Akhirnya, artikel kelima menganalisis akuntabilitas pelaksanaan akad mudharabah pada petani tambak udang di Kelurahan Langnga Kabupaten Pinrang. Kami berterima kasih kepada penulis yang telah berkontribusi dan berharap jurnal ini dapat memberikan wawasan berharga serta mendorong perkembangan ekonomi syariah yang lebih baik. 

Published: Dec 1, 2022