##article.date_tracking##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##Copyright without Restrictions
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
The submitted papers are assumed to contain no proprietary material unprotected by patent or patent application; responsibility for technical content and for protection of proprietary material rests solely with the author(s) and their organizations and is not the responsibility of the Kuriositas or its Editorial Staff. The main (first/corresponding) author is responsible for ensuring that the article has been seen and approved by all the other authors. It is the responsibility of the author to obtain all necessary copyright release permissions for the use of any copyrighted materials in the manuscript prior to the submission.
The Communication Strategy of The Directorate of Drugs Police Sumatera Utara in an Effort to Eradicate Drugs
Corresponding Author(s) : Shania Mursyida
KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Keagamaan,
Vol 15 No 2 (2022): Kuriositas: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan (Sinta 3)
Abstrak
Penyalahgunaan narkoba masih menjadi masalah yang cukup besar saat ini mengingat akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dampak globalisasi, arus transportasi yang sangat berkembang pesat dan perpindahan nilai-nilai materialistis dengan dinamika tujuan opini buruk yang menyebabkan meluasnya narkoba ke perkotaan tetapi juga hingga ke pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut dalam hal ini memberantas narkoba. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi organisasi dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut memiliki strategi atau cara kerja untuk mencapai tujuan didalam organisasi Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, dengan berbagai cara yang dilakukan seperti penyebaran berita, menyediakan media sebagai tempat untuk memberi informasi.
##submission.howToCite.downloadCitation##
##plugins.generic.citationStyleLanguage.download.ris####plugins.generic.citationStyleLanguage.download.bibtex##
Referensi
(2). Burhan Bungin, S. Sos. , M. Si. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat . PT Kharisma Putra Utama.
(3). Danis Puntoadi. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. PT Elex Komputindo.
(4). Fika Hidayani. (2009). Bahaya Narkoba. Kenanga Pustaka Indonesia.
(5). Ginting, M. A., Saragih, Y. R., & Rohani, L. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Citra Kepolisian Polsek Delitua. Communication & Social Media, 1(2), 57–62.
(6). Hafied Cangara. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Press.
(7). Jogiyanto Hartono. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Aplikasi Bisnis. Andi.
(8). M. Fathra Nazrul Islam. (2021, June 30). Irjen Panca Membeberkan Peredaran Narkoba di Sumut Banyak Oknum Aparat Terlibat. Jpnn.Com.
(9). Olivia, C. H. (2013). Strategi Komunikasi Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam Mengurangi Jumlah Pengguna Narkoba di Kota Samarinda. Journal Komunikasi, 1(1), 428–441.
(10). Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi komunikasi dalam membangun awareness wisata halal di kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78–90.
(11). Prawiradana, I. B. A., Yuliartini, N. P. R., & Windari, R. A. (2020). Peran Kepolisian Dalam Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Narkotika Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Komunitas Yustisia, 1(3), 250–259.
(12). Prof. DR. Lexy J. Moleong, M. A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
(13). Raudhonah. (2007). Ilmu Komunikasi. UIN Jakarta.
(14). Rohani, L., Saragih, M. Y., Azhar, A. A., & Fitri, A. W. (2021). Marketing Communication Strategy of Online Shop to take advantage of Instagram Application (Case Study on Online Shop@ cutrizkyhijab1). Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi Dan Perubahan Sosial, 8(3), 218–228.
(15). Saragih, M. Y. (2018). Jurnalisme: Harapan dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Mendidik Masyarakat. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(1), 25–38.
(16). Saragih, M. Y. (2019). Media Massa dan Jurnalisme: Kajian Pemaknaan antara Media Massa Cetak dan Jurnalistik. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 12.
(17). Saragih, M. Y. (2021). The Role of Journalists in Socializing Money Waqf. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 3(2), 361–369.
(18). Siregar, Y. K., & Djuwita, A. (2020). Strategi Komunikasi Bnn (badan Narkotika Nasional) Jawa Barat Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Dikalangan Mahasiswa Kota Bandung. EProceedings of Management, 7(1).
(19). Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan dan strategi komunikasi dalam kegiatan pembangunan. Lentera, 17(1).
(20). Wiryanto. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Grasindo.