Main Article Content

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sosial yang terjadi di SMA Negeri Ayotupas selama pandemik COVID-19. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan selama kegiatan pengenalan lapangan di SMA Negeri Ayotupas, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dengan menggunakan purposive sampling yang terdiri dari siswa, guru dan kepala sekolah. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa, terdapat perubahan sosial pada guru dan siswa di SMA Negeri Ayotupas karena sebelumnya banyak guru dan siswa yang belum memahami cara menggunakan smartphone sebagai media pembelajaran daring, tetapi dengan adanya kebijakan pemerintah tentang belajar dari rumah memaksa para guru untuk bisa menggunakan teknologi tersebut. Meskipun perubahan ini memberi dampak positif pada guru dan siswa, namun kondisi lingkungan sekolah tidak mengalami perubahan karena akses internet masih sangat sulit dijangkau. Guru dan siswa harus ke tempat-tempat tertentu seperti gunung untuk mendapatkan sinyal internet.

Keywords

Perubahan Sosial Pendidikan Pandemik COVID-19

Article Details

How to Cite
Lemba, I. P., Kase, O. O., & Bien, B. (2020). Perubahan Sosial di SMA Negeri Ayotupas Selama Pandemik Covid-19. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 2(2), 46-52. https://doi.org/10.35905/almaarief.v2i2.1813

References

  1. Aras, A. (2020). Model pembelajaran Means-Ends Analysis dalam menumbuhkembangkan kemampuan problem solving dan productive disposition. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 183-198.
  2. Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiryand Researc Design. New Delhi: SAGE Publication. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=Ykruxor10cYC&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false.
  3. Fufu, Y. S. (2019). Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Pendapatan Nasional Pada Siswa Kelas XI SMAN Ayotupas. Pendidikan Matematika, 123.
  4. Langgar, D. (2019). Kajian Penerapan Peta Konsep oleh Guru PPKN untuk meningkatkan Pemahaman pada Materi HAM Kelas XI IPS I SMA Negeri Ayotupas. Jurnal Gatranusantara, 17(2). Diambil dari http://publikasi.undana.ac.id/index.php/JG/article/view/260
  5. Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  6. Neupane, D., Maharjan, M. R., & Bhuju, D. (2020). Academic institutions at the time of COVID-19 pandemic. International Journal of Science and Research (IJSR), 91–95.
  7. Organization, W. H. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19): Situation report, 82.
  8. Pitay, O. (2020, Oktober 25). Praktik Ritual Naketi’ (Pengakuan Dosa) di Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT Pniel Oebaki) Desa Oebaki, Kec. Noebeba, Kab. Timor Tengah Selatan (TTS) Sebagai Wacana Pengembangan Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/hbswm
  9. Roja, M. L. (2020). Kebijakan Pendidikan Anak Terlantar di Panti Asuhan St. Louis De Monfort Kota Kupang. Sociological Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.12345/socioedu.v1i1.238
  10. Syahrul, S. (2018). Kritik Ideologi Pendidikan Karakter dalam Masyarakat Demokrasi di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan IV, 0(0), 58–67. Diambil dari http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/158
  11. Syahrul, S., & Datuk, A. (2020). Social Behavior of The Children of Newspaper Sellers in Kupang City to Defend Existential at School. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 17(2), 180–194. https://doi.org/10.19105/nuansa.v17i2.3299
  12. Syahrul, S., & Kibtiyah, M. (2020). Problematika Pendidikan Anak Jalanan: (Studi Anak Penjual Koran di Kota Kupang). Jurnal Basicedu, 4(4), 1336–1349. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.531
  13. Timo, M. (2019). Pembelajaran Konsep Ekonomi Dengan Pendekatan Inkuiri Pada Siswa Kelas X IPS SMAN Ayotupas. Pendidikan Matematika, 116.
  14. Un, O. (2020). Dampak Globalisasi Terhadap Gaya Hidup Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kota Kupang. Sociological Education, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.12345/socioedu.v1i1.231
  15. Zahrawati, F. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 71-79.
  16. Zahrawati, F., & Aras, A. (2020). Pembelajaran Berbasis Riset dengan Memanfaatkan Google Classroom pada Mahasiswa Tadris IPS IAIN Parepare. Jurnal Ilmiah Iqra', 14(2), 143-154.