Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19, dan mendeskripsikan bagaimana solusi dari problematika yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif  yang dilakukan di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalaha studi literatur atau kepustakaan. Hasil penelitian ini yaitu berbagai permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19. Adapun permasalahan yang dihadapi guru yaitu keterbatasan guru dalam mengontrol dan menilai siswa dalam proses pembelajaran daring, kemudian keterbatasan guru dalam memberikan materi yang mudah dipahami oleh siswa. Adapun permasalahan yang dihadapi siswa yaitu kurangnya fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran daring seperti adanya siswa yang tidak memiliki handphone, laptop, ataupun komputer dan kurangnya akses jaringan internet (kuota)  yang memadai, kemudian  adanya siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran serta kejenuhan siswa dalam  proses belajar mengajar secara daring, sehingga siswa merasa tidak bersemangat dan malas dalam mengikuti pembelajaran daring. Beragam permasalahan yang dihadapi guru dan siswa  dengan mengatasi dengan guru harus meningkatkan  kekreatifan dan kemampuan dalam penguasaan teknologi pembelajaran dengan mencari model pembelajaran yang cocok dengan kondisi belajar pada masa pandemi, dan pemerintah juga turut dalam mengatasi permaslahan pembelajaran. Serta guru harus mampu dalam mengolah kelas online dengan maksimal.

Keywords

Problematika pembelajaran daring guru siswa pandemi Covid-19

Article Details

How to Cite
mila, J., Ahdar, A., & Natsir, E. (2022). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101-110. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2346

References

  1. Asmuni. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.
  2. Dwitalia Sari, D. (2021). Permasalahan guru Sekolah Dasar selama pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 27–35. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.394
  3. Guswanti, M., & Satria, R. (2021). Problematika pembelajaran dalam problematika pembelajaran dalam jaringan (Daring) pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Pariaman. An-Nuha, 1(2), 116–124. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.43
  4. Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. AoEJ: Academy of Education Journal, 12, 254–261.
  5. Imas Mastoah, Z. M. (2020). Kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar pada masa Covid 19 di kota serang. 5(2), 3–12.
  6. Novianti, D. E. (2020). Kurikulum dan pembelajaran di masa pandemi Covid 19 apa dan bagaimana. 2019(April 2020), 70–75.
  7. Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Kabupaten Banjarnegara. Endocrine, 9(May), 6.
  8. Rofi’ah, R. (2021). Problematika orang tua mendampingi anak saat pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. 01(01), 52–57.
  9. Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi guru dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
  10. Utamia, E. W. (2020). Kendala dan peran orangtua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19.
  11. YOLANDA, S. (2020). Problematika guru dalam pelaksanaan kelas daring (online) selama masa pandemi Covid-19 pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22/IV Kota Jambi. Endocrine, 9(May), 6.
  12. Zahrawati, F., & Aras, A. (2020). Pembelajaran berbasis riset dengan memanfaatkan Google Classroom pada mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2), 143–154.
  13. Zahrawati, F., & Nurhayati. (2021). The challenge of online learning in curriculum-2013 during COVID-19 pandemic: study of social science teachers at MAN 2 Parepare. Sociological Education, 2(1), 9–14.
  14. Zahrawati, F., & Ramadani, A. N. (2021). Problematika implementasi kurikulum 2013 terhadap proses pembelajaran pada masa pandemik COVID-19. Bidayatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 59–74.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'