Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran takmir masjid dalam pelaksanaan pendidikan Islam serta mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan Islam sehingga dapat memberikan masukan solusi untuk memecahkan masalah dari faktor penghambat pelaksanaan pendidikan Islam di majid Darus Sakinah. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengambilan datanya dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu mengklasifikasikan dan menganalisis berdasarkan teknik content analysis, yaitu suatu analisis data yang dilakukan secara cermat, obyektif dan sistematis. Hasilnya, secara umum pelaksanaan pendidikan Islam di masjid Darus Sakinah sudah berjalan, namun terdapat faktor penghambat dalam pelasanaannya baik dari segi sumber daya manusianya, metode dan materi pendidikan Islamnya, durasi waktu pelaksanaanya, serta antusias masyarakatnya disekitarnya. Namun faktor penghambat tersebut dapat diberikan solusi seperti pemilihan sumber daya manusia sebagai pengajarnya yang kompeten, materi yang disajikan faktual dan aktual serta berkesinambungan, metode penyampaian yang bervariatif sehingga tidak mudah membuat audiennya menjadi bosan dan tidak fokus.

Article Details

How to Cite
Mubarok, R. (2021). Peran Takmir Masjid dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam di Masjid Darus Sakinah Sangatta Utara. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 233-248. https://doi.org/10.35905/alishlah.v18i2.1576

References

  1. Akhyaruddin, Khairuddin, Nur Alhidayatillah, ‘Peran Pengurus Dalam Memakmurkan Masjid Nurul Huda Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara’, 1.2 (2019), 91–104
  2. Amir, Ria Rezky, ‘Manajemen Takmir Masjid Nurul Iman Batua (Tinjauan Pengembangan Dakwah Di Kelurahan Paropo)’ (Makassar, 2016)
  3. Andriana, Pertiwi, ‘Peran Takmir Masjid Dalam Meningkatkan Pendidikan Nonformal Di Masjid AL-Kautsar Gumpang Kartasura Sukuharjo’, Naskah Publikasi, Pendidikan Agama Islam, 2013, 15
  4. Asbullah, Muslim, ‘Relasi Ilmu Pendidikan Islam’, Palapa, 2, 17
  5. Asih, Izzati Hanik, ‘Peran Masjid Dalam Meningkatkan Mualitas Pendidikan Islam’ (IAIN Salatiga, 2015)
  6. Aziz Muslim, ‘Manajemen Pengelolaan Masjid’, Jurnal Aplikasi Llmu-Ilmu Agama, 5.2 (2005), 105–14
  7. Bachtiar, W. (1997). Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Cet.ke-1. Jakarta: Wacana Ilmu, Logos
  8. Halik, A., ‘Paradigma Pendidikan Islam Dalam Transformasi Sistem Kepercayaan Tradisional’, Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 14.2 (2016), 137–54
  9. Latifah, Nur, ‘Pendidikan Islam Di Era Globalisasi’, Palapa, 5.1 (2017), 196–208
  10. Muflikha, Muflikha, and Budi Haryanto, ‘Strategi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan’, Palapa, 7.2 (2019), 309–23
  11. Nur, Nuhammad Zaidin, ‘Efektivitas Manajemen Masjid Sebagai Sarana Pendidikan Di Masjid Al-Musannif Kabupaten Deli Serdang’, 2019
  12. Rahmat, Hidayat, Ilmu Pendidikan Islam, ed. by Candra Wijaya (Medan: LPPI, 2016)
  13. Sapril, ‘Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membentuk Pola Hidup Sederhana Di Madin Al-Isnaini Montong Wasi’, 4.2016, 118–32
  14. Sugiyono, (2013) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
  15. Suparlan, ‘Al-Gazali Dalam Pendidikan Islam’, Palapa, 49
  16. Usri, ‘Kontribusi Pendidikan Islam Menuju Indonesia Maju Usri’, AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17.2 (2019), 201–16
  17. St. Wardah Hanafie Das, Muh. Syakir, Juliadi, ‘Formulasi Pembelajaran PAI Dan Implikasi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 10 Enrekang’, AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17.2 (2019), 159–80

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'