Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: nilai-nilai karakter, proses penanaman nilai-nilai karakter, dan pengembangan diri siswa di SMK IT Pesantren Tabina. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi website. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif model Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) Nilai pendidikan yang diterapkan di SMK IT Pesanten Tabina yaitu nilai karakter yang berbasis pondok pesantren; (2) Proses pembentukan karakter di SMK IT Pesanten Tabina menggunakan konteks mikro dan konteks makro. Konteks mikro: perpaduan dari nilai karakter dengan setiap mata pelajaran dan muatan lokal, budaya sekolah, dan kegiatan pengembangan diri. dan (3) Pengembangan diri yang ditanamkan di SMK IT Pesantren Tabina melalui kegiatan ekstrakurikuler adalah sebagai berikut: 1) Komunitas Bahasa Inggris, 2) Tahfidz, 3) Gerakan Literasi Sekolah, 4) Olahraga Memanah.
Kata kunci: Pendidikan karakter, Islam, Berbasis Pesantren.