Fokus dan Scope

Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini mengundang  artikel penelitian asli  dan  tidak sekaligus dikirimkan ke jurnal atau konferensi lain. Seluruh spektrum penelitian dalam pendidikan islam anak usia dini dipersilakan yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada topik-topik berikut: 

  1. Landasan Pendidikan Anak Usia Dini; mencakupi hakikat, tujuan fungsi dasar pendidikan anak usia dini dari berbagai pendekatan, sejarah pendidikan anak usia dini, konsep perkembangan dan pertumbuhan anak, filosofi pakar pendidikan anak usia dini dari sudut Islam, Barat dan Indonesia.
  2. Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini, meliputi rangkaian kajian kurikulum pendidikan islam anak usia dini, asessmen peniliaian dan administrasi dan manajemen pendidikan islam anak usia dini.
  3. Alat Permainan Edukatif mengkaji pemanfaataan media pembelajaran lokal, pemanfaatan media aplikasi sebagai produk pembelajaran, pemanfaatan media informatika maupun pemanfaatan media pembelajaran di arena pendidikan islam anak usia dini sebagai media bermain permainan.
  4. Aspek Perkembangan anak meliputi, aspek nilai moral agama, matematika untuk anak usia dini, seni untuk anak usia dini, sosial emosional dan pengembangan literasi Pendidikan Anak; 
  5. Ethnoparenting; kajian pengasuhan pendidikan anak usia dini dari sudut pendekatan Islam, barat dan Indonsia.
  6. Profesionalisme dan Kepemimpinan Pendidikan Islam Anak Usia Dini