Main Article Content
Abstract
Tipe kepribadian introvert dan ekstrovert memengaruhi bagaimana siswa menghadapi tantangan dan mengembangkan keterampilan matematika mereka melalui proses berpikir reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perbedaan dalam kemampuan komunikasi matematis antara kedua tipe kepribadian. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari 2 siswa ekstrovert dan 2 siswa introvert di salah satu SMA Negeri di Kota Pinrang. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa ekstrovert cenderung memiliki kemampuan berpikir reflektif yang lebih baik dibandingkan siswa introvert. Siswa ekstrovert lebih berhasil memenuhi indikator berpikir reflektif daripada siswa introvert. Sedangkan siswa introvert cenderung menyelesaikan permasalahan tanpa membuat kesimpulan dan mencatat informasi yang terdapat dalam soal. Dari beberapa indikator yang diberikan, tidak ada siswa introvert yang berhasil menuliskan informasi atau menghasilkan kesimpulan yang sesuai pada setiap permasalahan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan pendekatan pembelajaran yang berbeda untuk mendukung kedua tipe kepribadian dalam mengembangkan keterampilan matematika mereka.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Junaidi, & Taufiq. (2023). Model Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Kemampuan Reflektif Matematis Siswa Sma. Numeracy, 10(1), 41–51. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i1.2137
- Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
- Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289
- Pamungkas, A. S., Mentari, N., & Nindiasari, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 69. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209
- Ridlo, W., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepektif Gender.
- Rudianti, R., Aripin, A., & Muhtadi, D. (2021). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 437–448. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1038
- Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
- Sari, A. D., Hastuti, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1115–1128. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.318
- Sari, P. D., Putra, E. D., & Sulisawati, D. N. (2022). Proses Berpikir Refraktif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 99–109. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.8018
- Sihaloho, R., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi kasus kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1c), 736–741.
- Ulwiyah, W. Z. (2020). OLEH Widya Zulfa Ulwiyah NIM: 211416005.
References
Junaidi, & Taufiq. (2023). Model Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Kemampuan Reflektif Matematis Siswa Sma. Numeracy, 10(1), 41–51. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i1.2137
Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289
Pamungkas, A. S., Mentari, N., & Nindiasari, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 69. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209
Ridlo, W., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepektif Gender.
Rudianti, R., Aripin, A., & Muhtadi, D. (2021). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 437–448. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1038
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Sari, A. D., Hastuti, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1115–1128. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.318
Sari, P. D., Putra, E. D., & Sulisawati, D. N. (2022). Proses Berpikir Refraktif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 99–109. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i2.8018
Sihaloho, R., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi kasus kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1c), 736–741.
Ulwiyah, W. Z. (2020). OLEH Widya Zulfa Ulwiyah NIM: 211416005.